Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, Kesiapan Hidup

Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, Kesiapan Hidup
Al Hikam Malang Jl. Cengger Ayam 25 : Pesantren Mahasiswa yang Santri & Santri yang Mahasiswa

Thursday, November 3, 2011

Contoh Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) "lengkap" Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'had Aly Al-Hikam Malang Tahun 2010/2011

PROPOSAL
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
MA'HAD ALY AL-HIKAM
TAHUN 2010/2011

  1. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah salah satu dari tiga unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, kegiatan ini lebih mengutamakan kepada aktivitas nyata yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga keberadaannya di tengah masyarakat dapat memberikan manfaat, khususnya warga masyarakat yang berada di lokasi PKM.
Tujuan utama Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa "Personality Development´, adapun salah satu unsur penunjang untuk mewujudkannya adalah pengembangan segi persepsi, kognisi dan sikap mahasiswa terhadap masyarakat (lingkungannya) selain itu, tujuan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah mendekatkan lembaga pendidikan dengan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat membantu pemerintah dalam mempercepat gerak pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pelaku pembangunan yang berkualitas.
Sasaran kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah pondok pesantren dan masyarakat setempat. Sehingga diperlukan program/kegiatan yang terkait dengan pesantren dan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan sumberdaya pesantren dan masarakat secara simultan dan sinergis.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka para mahasiswa peserta Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'had Aly Al-Hikam akan melaksanakan beberapa program kerja yang dipandang sesuai dan bermanfaat bagi masyarakat dan pesantren di dusun Pandan Ajeng desa Bletok kecamatan Tumpang kabupaten Malang.


B. Permasalahan
Dari hasil survey dan observasi yang dilakukan, ditemukan beberapa masalah yang terkait dengan Pesantren dan  masyarakat setempat. Di antara beberapa masalah yang ada di pesantren adalah:
1.      Kurangnya pengajar di madrasah diniyah,
2.      Kurangnya perhatian santri terhadap perpustakaan,
3.      Kurangnya buku yang dibutuhkan perpustakaan pesantren,
4.      Penataan perpustakaan yang belum rapi serta penomorannya,  
5.      Belum adanya pemberian pelajaran tambahan (Bimbel) dan pelatihan muhadtsah (percakapan ) bahasa arab atau inggris untuk santri,
6.      Kurangnya bimbingan nahwu dan shorof,
7.      Belum adanya pelatihan qiroah dan rebana,
8.      Belum adanya pelatihan komputer,
9.      Kurangnya tong sampah, serta
10.  Belum adanya  kurikulum yang tetap untuk TPQ (taman pendidikan Al-Quran),
11.  Belum adanya pengembangan kreatifitas bagi anak-anak TPQ.

Sedangkan untuk masyarakat sekitar, terdapat beberapa masalah di antaranya adalah:
1.      Kurangnya kegiatan-kegiatan keagamaan,
2.      Kurangnya pengajian akbar,
3.      Kurangnya pembinaan untuk remaja masjid,
4.      Kurangnya wawasan atau keilmuan mengenai ekonomi Islam,
5.      Kurangnya kesadaran masyarakat terhadapat kebersihan dan kepedulian lingkungan.

  1. ANALISIS PEMECAHAN MASALAH

·         Madrasah diniyah adalah lembaga pendidikan yang hanya mengajarkan pendidikan keaagamaan yang berstatus nonformal. Hal tersebut barakibat kurangnya perhatian dari pemerintah. Sehingga, tidak banyak orang yang peduli dan mau untuk mengajar. Maka di perlukan tenaga pengajar tambahan untuk membantu mereka.   
·         Perpustakaan merupakan salah satu sarana yang penting dalam mendukung kegiatan balajar mengajar di pesantren. Dengan tersedianya sarana dan prasarana, seperti buku yang lengkap dan tertata dengan rapi serta kondisi ruangan yang kondusif, diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar dan membaca. Maka diperlukan sosialisasi tentang pentingnya membaca, penataan buku yang rapi dengan dilengkapi pengklasifikasian buku supaya memudahkan penelusuran pencarian buku, dan yang terpenting adalah penambahan koleksi buku yang memadai.
·         Selain pemenuhan fasilitas sebagai pendukung kegiatan belajar, juga diperlukan pendampingan belajar tambahan (Bimbel) untuk meningkatkan prestasi. Bimbingan belajar ini mencakup pelajaran di sekolah dan pesantren.
·         Untuk melengkapi kemampuan intelektual santri, mereka membutuhkan ketrampilan yang merupakan bekal penting untuk menghadapi kemajuan zaman. apabila seseorang mempunyai ketrampilan dan/atau keahlian dalam bidang tertentu akan dapat mendayagunakan keahlian dan/atau ketrampilan tersebut untuk berbakti atau untuk keperluan lainya. Pelatihan komputer dan pelatihan bahasa inggris dan arab dapat memberikan nilai tambah untuk menghadapi tantangan masa depan. Karena perkembangan zaman yang pesat saat ini. Selain pelatihan komputer dan bahasa, mereka juga membutuhkan pelatihan tilawah dan fahmi Al-Quran serta rebana, sebagai persiapan sebelum kembali pada masyarakat.
·         Proses pendidikan serta pembeljaran di atas tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak didukung dengan lingkungan yang bersih dan sehat. Sering kali pesantren dinilai sebagaitempat yang kurang peduli terhadap kebersihan. Oleh karena itu  mereka membutuhkan sosialisasi serta melengkapi fasilitas-fasilitas kebersihan.
·         TPQ adalah salah satu dari lembaga pendidikan yang memiliki peran penting untuk mencetak anak-anak yang mampu membaca Al-Quran. Namun sangat disayangkan ketika belum mempunyai kurikulum sebagai panduan kegiatan belajar mengajar. Selain itu TPQ juga membutuhkan guru-guru yang profesional untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan atau pendampingan terhadap guru TPQ untuk memberikan bantuan dan ide untuk mengembangkan TPQ.
·         Dari sekian banyak anak-anak yang belajar di TPQ, pasti memiliki bakat dan keahlian sendiri-sendiri. hal ini perlu untuk segera di ketahui sebagai pijakan langkah berikutnya. Maka perlu untuk mengadakan lomba-lomba yang mendidik Sebagai sarana untuk mengetahui bakat serta keahlian seorang anak.
·         Mayoritas masyarakat pada saat ini sangat kurang tentang berbagai masalah keislaman, baik Aqidah, Fiqih, maupun Tasawwuf. Hal ini disebabkan karena kurangnya dakwah secara langsung yang dilakukan oleh para da’i. Maka perlu dilakukan dakwah yang dilakukan secara langsung kepada masyarakat malalui ceramah atau yang lainnya.
·         Masyarakat menilai bahwa masalah di atas diakibatkan oleh kesibukan aktifitas mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebanyakan dari masyarakat dusun Bletok adalah petani yang kurang modal. Ketika memasuki musim tanam mereka sering memilih untuk meminta pinjaman kepada koperasi yang dikelola oleh pesantren. Sayangnya, koperasi tersebut tidak memiliki cukup modal untuk memenuhi kebutuhan pinjaman masyarakat. Oleh karena itu diperlukan bantuan berupa modal untuk mengembangkan koperasi tersebut.
·         Hampir disetiap wilayah atau daerah selalu ada anak yang sudah tidak memiliki seorang ayah (yatim).  Sering kali mereka putus sekolah karena ibunya tidak lagi mampu untuk membiayai. Dan kelihatannya masyarakat kurang peduli kepada mereka. Padahal, pada dasarnya masyarakat ingin membantu tetapi hanya sebatas kemampuannya. Maka perlu adanya pengelola yang bertanggung jawab atas hal itu.

  1. ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH

1)
Nama Kegiatan
:  Mengajar Madrasah Diniyah


Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Memberikan pengalaman mengajar kepada mahasiswa

Manfaat
:  Mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar

Tempat
:  Madrasah diniyah



Waktu pelaksanaan
:  Setiap hari senin sampai kamis di bulan Oktober 2010






2)
Nama Kegiatan
:  Pelatihan Seni Dan Budaya


Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Mengembangakan seni budaya di Pesantren

Manfaat
:  Sarana pengembangan bakat seni dan budaya, peralatan seni

Tempat
:  Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl, 8,10,15,17,22 dan 24 Oktober 2010






3)
Nama Kegiatan
:  Pengembangan Bahasa Arab Dan Inggris

Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Mengembangkan penguasaan bahasa Inggris dan Arab 


   baik secara lisan maupun tulisan


Manfaat
:  Santri mampu berbahasa Inggris dan Arab

Tempat
:  Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl 5,7,12,14,19,21,26,28 Okt, 2 dan 4 Nov 2010


Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Buku panduan





    - Arab
@ Rp 10,000 x 30

 Rp       300.000,00

    - Inggris
@ Rp 10,000 x 30

 Rp       300.000,00




jumlah
 Rp       600.000,00

Sumber dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp       100.000,00

Donatur



 Rp       500.000,00




jumlah
 Rp       600.000,00






4)
Nama Kegiatan
:  Pelatihan Metode Terjemah Arab-Indonesia

Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Memberikan ketrampilan menerjemah Arab-Indonesia


   kepada santri



Manfaat
:  Santri dapat menterjemah teks Arab ke Indonesia

Tempat
:  Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl 4,6,11,13,18,20,25 dan 27 Oktober 2010


Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Buku panduan
@ Rp 10,000 x 30

 Rp       300.000,00




jumlah
 Rp       300.000,00

Sumber dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp         50.000,00

Donatur



 Rp       250.000,00




jumlah
 Rp       300.000,00






5)
Nama Kegiatan
:  Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan

Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Menambah koleksi buku di perpustakaan pesantren

Manfaat
:  Memudahkan santri mendapatkan buku yang dibutuhkan

Tempat
:  Perpustakaan Pesantren


Waktu pelaksanaan
:  Tgl 6 Oktober 2010



Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Buku pelajaran
@ Rp 15,000 x 30

 Rp       450.000,00

Buku agama
@ Rp 20,000 x 20

 Rp       400.000,00




jumlah
 Rp       850.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp       200.000,00

Donatur



 Rp       650.000,00




jumlah
 Rp       850.000,00






6)
Nama Kegiatan
:  Perbaikan Sistem Administrasi Perpustakaan

Bentuk Kegiatan


Maksud dan tujuan
:  Memudahkan penelusuran buku yang diinginkan

Manfaat
:  Mempermudah untuk mencari buku

Tempat
:  Perpustakaan Pesantren


Waktu pelaksanaan
:  Tgl 14,15,21 dan 22 Oktober 2010






7)
Nama Kegiatan
:  Sosialisasi Pentingnya Membaca

Bentuk Kegiatan
:


Maksud dan tujuan
:  Meningkatkan minat baca santri


Manfaat
:  Meningkatkan kesadaran santri untuk membaca

Tempat
:  Perpusatakaan Pesantren


Waktu pelaksanaan
:  Tgl 16 Oktober 2010



Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Snack dan minuman
@ Rp 3,000 x 30

 Rp         90.000,00

Stiker
@ Rp 2.000 x 50

 Rp       100.000,00

Sound sistem
@ Rp 50,000 x 1

 Rp         50.000,00




jumlah
 Rp       240.000,00

Sumber dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp         40.000,00

Donatur



 Rp       200.000,00




jumlah
 Rp       240.000,00






8)
Nama Kegiatan
:  Pengadaan Alat Kebersihan Di Pesantren

Bentuk Kegiatan


Maksud dan tujuan
:  Menciptakan Pesantren bersih dan sehat

Manfaat
:  Melengkapi alat kebersihan pesantren

Tempat
:  Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl 10 oktober 2010




Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Tong Sampah
@ Rp 100,000 x 5

 Rp       500.000,00

Grobak Sampah
@ Rp 1,500,000 x 1

 Rp    1.500.000,00




jumlah
 Rp    2.000.000,00

Sumber dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp       400.000,00

Donatur



 Rp    1.600.000,00




jumlah
 Rp    2.000.000,00






9)
Nama Kegiatan
:  Pengajian Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu

Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Pentingnya dakwah agama yang memberikan motifasi


   keagamaan dan pengetahuan agama

Manfaat
:  Meningkatkan spiritualitas masyarakat

Tempat
:  Rumah penduduk



Waktu pelaksanaan
:  Tgl 4,7,11,14,18,21,25,28 Oktober dan 1,4 Nofember 2010


Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Fee pemateri
@ Rp100.000 x 1

 Rp         50.000,00

Snack dan minuman
@ Rp 5.000 x 30

 Rp       150.000,00

Sewa tikar
@ Rp 2.000 x 10

 Rp         20.000,00

Sound sistem
@ Rp 50.000 x 1

 Rp         50.000,00


jumlah Rp 270.000 x 10 =            Rp 2,700,000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp    1.700.000,00

Mahasiswa



 Rp       500.000,00

Donatur



 Rp       500.000,00




jumlah
 Rp    2.700.000,00






10)
Nama Kegiatan
:  Pelatihan Komputer


Bentuk Kegiatan
:

Maksud dan tujuan
:  Memberikan ketrampilan komputer kepada anak-anak


   dan  remaja



Manfaat
:  Peserta mendapatkan bekal ketrampilan komputer

Tempat
:  Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl, 12,13,19 dan 20 oktober 2010



Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Sewa komputer
@ Rp 20,000 x 10 x 4

 Rp       800.000,00

Modul
@ Rp 10,000 x 30

 Rp       300.000,00




jumlah
 Rp    1.100.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp       300.000,00

Donatur



 Rp       800.000,00




jumlah
 Rp    1.100.000,00






11)
Nama Kegiatan
:  Pelatihan Manajemen Koperasi


Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Memberikan kemampuan mengelola koprasi bagi karyawan


   dan anggota



Manfaat
:  Meningkatkan kemampuan mengelola koprasi

Tempat
:  Aula Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl 16 0ktober 2010




Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Fee pemateri
@ Rp 500,000 x 2

 Rp    1.000.000,00

Makalah
@ Rp 5,000 x 20

 Rp       100.000,00

Snack dan minuman
@ Rp 5,000 x 20

 Rp       100.000,00

Sound sistem
@ Rp 50,000

 Rp         50.000,00




jumlah
 Rp    1.250.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp       250.000,00

Mahasiswa



 Rp       200.000,00

Donatur



 Rp       800.000,00




jumlah
 Rp    1.250.000,00






12)
Nama Kegiatan
:  Festival Anak Saleh (FASAL)


Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Mengembangkan bakat santri tpq

Manfaat
:  Menggali potensi - potensi para santri

Tempat
:  Aula Pesantren



Waktu pelaksanaan
:  Tgl 1 November 2010




Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Fee dewan juri
@ Rp 50,000 x 10

 Rp       500.000,00

Hadiah
@ Rp 100,000 x 5

 Rp       500.000,00

Sound sistem
@ Rp 50,000 x 1

 Rp         50.000,00

Kertas gambar
@ Rp 500 x 50

 Rp         25.000,00





 Rp    1.075.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp       150.000,00

Mahasiswa



 Rp       250.000,00

Donatur



 Rp       675.000,00





 Rp    1.075.000,00






13)
Nama Kegiatan
Partisipasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) TPQ

Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Melatih dan membiasakan mengajar anak-anak bagi


   mahasiswa



Manfaat
:  Mahasiswa bisa terbiasa mengajar anak-anak

Tempat
:  TPQ




Waktu pelaksanaan
:  Tgl, 4,6,11,13,18 dan 20 Oktober 2010


Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Transportasi
@ Rp 5,000 x 2 x 6

 Rp         60.000,00





 Rp         60.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp         60.000,00

Donatur



 Rp                    -  





 Rp         60.000,00






14)
Nama Kegiatan
Khutbah Jum'at



Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Mempraktekan dakwah di masyarakat

Manfaat
:  Terbentuknya da'i-da'i yang handal

Tempat
:  Masjid




Waktu pelaksanaan
:  Tgl, 8,15,22,29 Oktober dan 5 November


Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Transportasi
@ Rp 5,000 x 5

 Rp         25.000,00





 Rp         25.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp                    -  

Mahasiswa



 Rp         25.000,00

Donatur



 Rp                    -  





 Rp         25.000,00






15)
Nama Kegiatan
Mengikuti Tahlil Dan Dzibaan


Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Silaturrahim dengan masyarakat dan mengikuti acara


   keagamaan



Manfaat
:  Menambah keakraban dengan Masyarakat

Tempat
:  Rumah warga



Waktu pelaksanaan
:  Tgl, 4,7,11,14,18,21,25,28 Oktober dan 1,4 November






16)
Nama Kegiatan
Pengadaan Kotak Amal Gerakan Peduli Anak Yatim

Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Bentuk kepedulian terhadap anak yatim

Manfaat
:  Adanya santunan terhadap anak yatim

Tempat
:  Masjid




Waktu pelaksanaan
:  Tgl, 17 Oktober 2010




Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Kotak Amal
@ Rp 100,000 x 3

 Rp       300.000,00




Jumlah
 Rp       300.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp         50.000,00

Mahasiswa



 Rp       100.000,00

Donatur



 Rp       150.000,00




Jumlah
 Rp       300.000,00






17)
Nama Kegiatan
:  Pengajian Akbar oleh KH. DR. Ahmad Hasyim Muzadi

Bentuk Kegiatan
:
Maksud dan tujuan
:  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan

Manfaat
:  Terciptanya masyarakat yang agamis

Tempat
:  Halaman Madrasah Aliyah Bahrul Ulum

Waktu pelaksanaan
:  Tgl 6 November 2010




Analisis Volume Pekerjaan dan Anggaran Biaya


Fee kyai
@ Rp 1,500,000 x 1

 Rp    1.500.000,00

Snack dan minuman
@ Rp 3,000 x 200

 Rp       600.000,00

Sound sistem besar
@ Rp 500,000 x 1

 Rp       500.000,00

Terop dan panggung
@ Rp 1,000,000 x 1

 Rp    1.000.000,00

Tikar
@ Rp 2,000 x 50

 Rp       100.000,00

Jenset
@ Rp 500,000 x 1

 Rp       500.000,00




Jumlah
 Rp    4.200.000,00

Sumber Dana





Swadaya



 Rp    1.000.000,00

Mahasiswa



 Rp       500.000,00

Donatur



 Rp    2.700.000,00




Jumlah
 Rp    4.200.000,00




ESTIMASI ANGGARAN PROGRAM
No
Nama Kegiatan
 Dana Yang Dibutuhkan
1)
Mengajar Madrasah Diniyah
 Rp                         -  
2)
Pelatihan Seni Dan Budaya
 Rp                         -  
3)
Pengembangan Bahasa Arab Dan Inggris
 Rp            600.000,00
4)
Pelatihan Metode Terjemah Arab-Indonesia
 Rp            300.000,00
5)
Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan
 Rp            850.000,00
6)
Perbaikan Sistem Administrasi Perpustakaan
 Rp                         -  
7)
Sosialisasi Pentingnya Membaca
 Rp            240.000,00
8)
Pengadaan Alat Kebersihan di Pesantren
 Rp         2.000.000,00
9)
Pengajian Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu
 Rp         2.700.000,00
10)
Pelatihan Komputer
 Rp         1.100.000,00
11)
Pelatihan Manajemen Koperasi
 Rp         1.250.000,00
12)
Festival Anak Saleh (FASAL)
 Rp         1.075.000,00
13)
Partisipasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) TPQ
 Rp              60.000,00
14)
Khutbah Jum'at
 Rp              25.000,00
15)
Mengikuti Tahlil dan Dzibaan
 Rp                         -  
16)
Pengadaan Kotak Amal Gerakan Peduli Anak Yatim
 Rp            300.000,00
17)
Pengajian Akbar oleh KH. DR. Ahmad Hasyim Muzadi
 Rp         4.200.000,00

Jumlah Total
 Rp           14.700.000,00



PEMASUKAN ANGGARAN
No
Sumber Dana
 Dana
1)
Swadaya Masyarakat
 Rp             3.150.000,00
2)
Mahasiswa
 Rp             2.725.000,00
3)
Donatur
 Rp             8.825.000,00

Jumlah Total
 Rp           14.700.000,00



  1.  PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan, kegiatan di atas dapat terlaksana dengan lancar dan baik. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan di atas
Semoga Rahmat, Ma’unah dan Ridlo Allah Swt selalu tercurahkan kepada kita semua, amin.
 

    
Malang, 05 Juli 2010
Mengetahui,
Panitia Kegiatan PKM
STAI “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang

Koordinator




(Hajar Sulis)
Sekretaris




(Chusni Yazid)



No comments:

Post a Comment