Sunday, January 5, 2014

Pendekatan Studi Islam

Tugas Resume
by Siraje Abdallah Ssekamanya
Nama : Rusdiyanto
NIM : 13770008
Problematika pendidikan didunia islam
Hasil catatan dalam seminar Siraje Abdallah beliau mengatakan bahwa pendidikan islam, kedepan membutuhkan paradigma baru.karena banyak permasalahan dan kegelisahan dari berbagai kenyataan:
Kita melihat pengalaman pendidikan islam di urganda dan sebagian Negara islam, sebagian Negara-negara tersebut mengalami masalah, diantaranya:
Kurikulum : pengkhususan yang sempit
Metode : kebanyakan menghafal tanpa berfikir
Kemampuan : biasanya tidak ada keahlian/kemampuan yg professional
Masalah tersebut diakibatkan:

1.      Kurangnya  fasilitas (sarana prasarana)/ fasilitas tidak layak. Yang dikarenakan oleh kondisi kemiskinan, kekurangan.
2.      Adanya kekerasan yaitu hukuman yang berupa hukuman fisik.
3.      propaganda berupa pekerjaan berat yang mencetak/ mengkader sebagai teroris, seperti  taliban, Al-Shabaab, dan Al-Qaeda.
Pengislaman dalam pendidikan
a. Tujuan diproduksinya sarjana-sarjana islam dan professional yang dikaruniai nilai-nilai keislaman yang tinggi .
b. Fokus pada pembuatan pendidikan barat (khususnya orang sains) yang dapat diterima oleh para muslim – dengan membersihkan unsur/elemen duniawi .
c. orientasi baru : dari pemakaian pendidikan sampai penghasil pendidikan tersebut .
d. Menciptakan pendekatan baru , model dan solusi disamping pengajaran Islam dan membutuhkan pengalaman dari masyarakat muslim.

Solusi
 Berkaca dari pengalaman tersebut menjadi suatu keharusan bagi ilmuwan muslim untuk menyerukan reformasi  yaitu kebangkitan islam (agar orang islam berkomitmen untuk islam). Menyerukan kesadaran atas kesenjangan dalam kualitas pendidikan islam jika dihadapkan dengan pendidikan sekuler. Dan meresponnya dengan melakukan perubahan Dibutuhkan pada Abad 21ini. Perubahan tersebut antara lain:  
1.      Mengubah/ mendamaikan pertentangan  yang terjadi pada masyarakat Muslim saat ini.
2.      Mengubah tiga kutukan: kemiskinan, penyakit, buta huruf.
3.      Mengubah masalah pendidikan: yaitu permasalahan masayarakat muslim berhadapan dengan  negara-negara maju di dunia
4.      Mengubah "kesenjangan prestasi Global" – bahkan sekolah terbaik di negara-negara yang paling maju mengadakan perbaikan diluar jam penyelenggaraan formal.  Bagaimana dengan negara-negara Muslim?
Dalam gerakan perubahan, sebagai solusi pengembangan paradigm pendidikan islam mengacu pada 7 Kunci keterampilan untuk abad ke-21.
1) Berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah;
2) Kolaborasi di seluruh jaringan dan memimpin dengan pengaruh;
3) Kecerdasan dan kemampuan beradaptasi;
4) Inisiatif dan kewirausahaan;
5) Komunikasi lisan yang efektif dan komunikasi tertulis;
6) Mengakses dan menganalisis informasi;
7) Rasa ingin tahu dan imajinasi.
Ustad sebagai seorang yang professional
a. berlatih
b. perkembangan yang professional
c. standar kwalitas-kode etik
Ustad sebagai seorang yang professional : Pendidikan Islam plus
Disiplin keislaman :    
a.  pemahaman yg mendalam
b. multi-disiplin
Profesi yang lain :      
a. pekerjaan
b. memahami kebutuhan komunitas
c. melayani kebutuhan komunitas

Pesantren Indonesia
a.semanagt dalam kepercayaan-dirinya
b. semangat dalam pendidikan

c. pondasi untuk dua spesialis (ustad+keprofesionalan)-khususnya di pesantren modern

No comments:

Post a Comment