Thursday, July 10, 2014

Takhrij Online

Makalah Mahasiswa PascaSarjana UIN Maliki Batu
Juli, 2014

Perlu diberi catatan, aplikasi ini hanya dapat dimanfaat secara maksimal oleh orang yang memahami bahasa arab. Dan memang demikian yang dikatakan para ulama, kita tidak mungkin bisa mendalami ilmu agama dengan baik kecuali paham bahasa arab. Oleh karena itu, bagi pembaca sekalian yang belum bisa bahasa arab, hendaknya segera mengambil langkah pasti untuk serius belajar bahasa arab, demi memahami agama Islam dengan baik dan benar.
Langkah 1
Misalnya, kita ingin mencari teks lengkap dari hadits yang populer:
إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya
yang pertama kali kita lakukan adalah membuka web http://islamweb.net. Kemudian pilih menu موسوعات /mausuu’aat/ pada menubar. Kita akan mendapati empat pilihan aplikasi, pilih mausu’atul hadits.
islamweb1
Jika sudah, maka kita sudah berada di halaman aplikasi hadits versi online.
Langkah 2
Masukan teks dari hadits yang ingin di cari pada kotak pencarian.
islamweb2
Klik icon kaca pembesar atau tekan enter.
Langkah 3
Aplikasi hadits Islamweb akan melakukan pencarian dan menampilkan hasilnya.
Dari sini kita mendapatkan bahwa hadits “sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya” terdapat dalam kitab Shahih Al Bukhari, Sunan Ibnu Majah, Musnad Al Humaidi, Mu’jam Al Ausath, dan seterusnya.
islamweb3
Keterangan
  • Kolom طرف الحديث menampilkan bagian dari teks hadits
  • Kolom الصحابي menampilkan nama sahabat Nabi yang meriwayatkan hadits
  • Kolom اسم الكتاب menampilkan nama kitab-kitab hadits yang memuat hadits yang dicari
  • Kolom أفق dan العزو menunjukkan nomor hadits
  • Kolom المصنف menampilkan nama ulama penulis kitab hadits
  • Kolom سنة الوفاة menampilkan tahun wafat dari ulama yang menulis kitab hadits terkait
Langkah 4
Klik pada salah satu hasil pencarian, misalnya pada hadits Bukhari pada nomor 1. Maka kita akan dapatkan lafadz teks hadits secara lengkap, plus dengan sanadnya.
islamweb4
Langkah 5
Klik pada kata تخريج, maka kita akan mendapat data takhrij hadits yang lebih akurat dari hasil pencarian sebelumnya.
islamweb5
Jika pada hasil pencarian sebelumnya hanya didapatkan hadits-hadits yang memuat kalimat إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ dengan persis, maka dalam data takhrij ini kita mendapat data takhrij untuk hadits tersebut walaupun ada sedikit perbedaan lafadz. Dari contoh di atas kita ketahui ternyata hadits ini juga terdapat dalam Shahih Muslim dengan lafadz sedikit berbeda yaitu إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ
Langkah 6
Sanad hadits (yang ada pada langkah no.4) dimulai dengan penyebutan nama-nama perawi hadits. Jika kita klik salah satu nama perawi yang ada, akan keluar info biografi dari perawi tersebut. Misalnya dari hasil pada langkah 4 tadi, kita klik rawi bernama سُفْيَانُ maka akan keluar info sebagai berikut:
islamweb6
info ini memuat biografi perawi, data guru-gurunya, murid-muridnya, pembahasan singkat, serta penilaian kualitas rawi hadits atau dikenal dengan jarh wa ta’dil terhadap rawi hadits tersebut dari kalam-kalam para ulama yang pakar dalam ilmu rijalul hadits. Misalnya pada contoh di atas, kita ketahui Sufyan yang dimaksud adalah Sufyan bin ‘Uyainah bin Maimun, kun-yah-nya Abu Muhammad, lahir di Mekkah, termasuk perawi thabaqah ke-8, aplikasi ini menyimpulkan status kualitas Sufyan bin ‘Uyainah sebagai “tsiqah hafidz hujjah“, dan seterusnya.
Info-info ini sangat bermanfaat bagi para santri, ustadz atau kaum muslimin yang menguasai ilmu hadits dalam melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap sanad dan derajat hadits.
Masih banyak yang bisa di-explore dari aplikasi ini, namun tidak mungkin kita bahasa dalam kesempatan yang terbatas ini. Tentu saja aplikasi ini hanyalah alat bantu, bukan rujukan utama. Untuk tulisan yang sifatnya ilmiah atau penelitian dalam lingkup ilmu hadits, tentu harus melakukan cross-check dengan kitab-kitab para ulama. Terutama dalam masalah penilaian kualitas rawi hadits yang disimpulkan oleh aplikasi ini, sangat perlu di cross-check dan dikaji ulang dengan kaidah-kaidah jarh wa ta’dil.
Semoga apa yang kami paparkan di atas sedikit-banyak bisa memberi manfaat kepada umat dalam membantu mempelajari ilmu agama yang mulia ini. Walillahit at taufiiq.
Penulis: Yulian Purnama


No comments:

Post a Comment