Tugas Resume
by
Siraje Abdallah Ssekamanya
Nama : Rusdiyanto
NIM : 13770008
Problematika pendidikan didunia islam
Hasil catatan dalam seminar Siraje
Abdallah beliau mengatakan bahwa pendidikan islam, kedepan membutuhkan paradigma
baru.karena banyak permasalahan dan kegelisahan dari berbagai kenyataan:
Kita melihat pengalaman pendidikan islam
di urganda dan sebagian Negara islam, sebagian Negara-negara tersebut mengalami
masalah, diantaranya:
Kurikulum
: pengkhususan yang sempit
Metode
: kebanyakan menghafal tanpa berfikir
Kemampuan
: biasanya tidak ada keahlian/kemampuan yg professional
Masalah
tersebut diakibatkan:
1.
Kurangnya
fasilitas (sarana prasarana)/ fasilitas
tidak layak. Yang dikarenakan oleh kondisi kemiskinan, kekurangan.
2.
Adanya
kekerasan yaitu hukuman yang berupa hukuman fisik.
3.
propaganda
berupa pekerjaan berat yang mencetak/ mengkader sebagai teroris, seperti taliban, Al-Shabaab, dan Al-Qaeda.
Pengislaman dalam
pendidikan
a.
Tujuan diproduksinya sarjana-sarjana islam dan professional yang dikaruniai
nilai-nilai keislaman yang tinggi .
b.
Fokus pada pembuatan pendidikan barat (khususnya orang sains) yang dapat
diterima oleh para muslim – dengan membersihkan unsur/elemen duniawi .
c.
orientasi baru : dari pemakaian pendidikan sampai penghasil pendidikan tersebut
.
d.
Menciptakan pendekatan baru , model dan solusi disamping pengajaran Islam dan
membutuhkan pengalaman dari masyarakat muslim.
Solusi
Berkaca dari pengalaman tersebut menjadi suatu
keharusan bagi ilmuwan muslim untuk menyerukan reformasi yaitu kebangkitan islam (agar orang islam berkomitmen
untuk islam). Menyerukan kesadaran atas kesenjangan dalam kualitas pendidikan
islam jika dihadapkan dengan pendidikan sekuler. Dan meresponnya dengan
melakukan perubahan Dibutuhkan pada Abad 21ini. Perubahan tersebut antara lain:
1.
Mengubah/
mendamaikan pertentangan yang terjadi
pada masyarakat Muslim saat ini.
2.
Mengubah
tiga kutukan: kemiskinan, penyakit, buta huruf.
3.
Mengubah
masalah pendidikan: yaitu permasalahan masayarakat muslim berhadapan
dengan negara-negara maju di dunia
4.
Mengubah
"kesenjangan prestasi Global" – bahkan sekolah terbaik di
negara-negara yang paling maju mengadakan perbaikan diluar jam penyelenggaraan
formal. Bagaimana dengan negara-negara
Muslim?
Dalam gerakan perubahan, sebagai solusi
pengembangan paradigm pendidikan islam mengacu pada 7 Kunci keterampilan untuk
abad ke-21.
1) Berpikir kritis dan keterampilan pemecahan
masalah;
2) Kolaborasi di seluruh jaringan dan
memimpin dengan pengaruh;
3) Kecerdasan dan kemampuan beradaptasi;
4) Inisiatif dan kewirausahaan;
5) Komunikasi lisan yang efektif dan komunikasi
tertulis;
6) Mengakses dan menganalisis informasi;
7) Rasa ingin tahu dan imajinasi.
Ustad sebagai seorang yang
professional
a.
berlatih
b.
perkembangan yang professional
c.
standar kwalitas-kode etik
Ustad sebagai seorang yang
professional : Pendidikan Islam plus
Disiplin
keislaman :
a. pemahaman yg mendalam
b.
multi-disiplin
Profesi
yang lain :
a.
pekerjaan
b.
memahami kebutuhan komunitas
c.
melayani kebutuhan komunitas
Pesantren Indonesia
a.semanagt
dalam kepercayaan-dirinya
b.
semangat dalam pendidikan
c.
pondasi untuk dua spesialis (ustad+keprofesionalan)-khususnya di pesantren
modern
No comments:
Post a Comment