Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, Kesiapan Hidup

Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, Kesiapan Hidup
Al Hikam Malang Jl. Cengger Ayam 25 : Pesantren Mahasiswa yang Santri & Santri yang Mahasiswa

Thursday, September 8, 2011

Contoh Teks Lomba PILDACIL "Kelahiran Nabi Muhammad Manusia Sempurna SAW"

Hari Senin Untuk Rosulullah SWT
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh
    Alhamdulillahirobbil ‘alamin, wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunnya waddin. Washolallahu ‘ala nabiyihilkarim, saidina……wamaulaanaa………… muhammadiin wa’ala alihi wa ashabihi ajma’in ammaa ba’du.
    Para dewan juri dan hadirin yang kami hormati lagi kami mulyakan. Pada detik ini, kami akan menyampaikan pidato dengan judul : “Hari Senin Untuk Rosulullahi SWT”
    Malam nanti adalah malam senin. Malam yang sangat bersejarah karena di malam senin adalah malam kelahiran anak laki-laki dari Siti Aminah, yang kelak menjadi penyempurna sekaligus penutup para nabi dan rosul. Ia adalah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam. Muhammad anak Abdullah terlahir di Makkah pada hari senin di bulan robi’ul awwal pada tahun yang saat itu disebut tahun gajah.
    Para hadirin yang cinta Nabi Muhammad yang kami mulyakan. Muhammad kecil, walau ia terlahir sebagai anak yatim, dan pada usianya yang menginjak 7 tahun malah menjadi anak yatim piatu. Cobak apa yang dilakukan Muhammad ? walau tidak mendapat kesempatan bertemu sang ayah, dan kurang perhatian dari sang ibu yang juga meninggal kannya dalam keadaan masih kanak-kanak, ditambah keadaan masyarakat sekitar yang jahiliayah atau nakal dan bodoh,  ia tidak terpengaruh…!!! Tidak menjadi nakal juga…malahan ia menjadi kepercayaan orang. Sampai-sampai orang menjulukinay al-amin orang yang terpercaya….. bahkan orang kafir mereka senantiasa, apabila hendak bepergian, mereka tidak ragu untuk menitipkan barang-barang berharganya untuk dijaga oleh beliau.
    Dan sungguh beliau adalah panutan dan contoh bagi kita dalam hal apapun. sebagaimana dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi ‘auzubillahi minassyaithonirrojim “Laqod kana lakum fi rosulillahi uswatun hasanah..ila akhiril ayah” shodaqollahul ‘adzim. Yang artinya : sungguh telah ada pada diri Muhammad souri teladan atau contoh yang baik. Disebutkan pula dalam hadits “bu’istu limakarimil akhlaq” artinya : aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq.
    Jadi benarlah, apa yang disya’irkan oleh sahabat hissan bin tsabit yang mana ia adalah salah-satu penya’ir pentolan rosulullah ia berkata :
    “WA AHSANU MINKA LAM TARO QOTTU ‘AINI”
        “WA AJMALU MINKA LAM TALIDIN NISA’U”
    “KHULIQTA MUBARRO’AN MIN KULLI ‘AIBIN”
        “KA ANNAKA QOD KHULIQTA KAMA TASYA’U”
    Yang artinya :
“aku belum pernah melihat sama-sekali dengan mata ini, sosok orang, yang lebih baik dari mu”
“dan aku pun belum pernah menyaksikan seorang  wanita pun yang melahirkan anak yang gantengnya sepertimu”
“ya rosul Allah, kau tercipta dalam keadaan bebas dari segala kecacatan”
“seakan-akan kau tercipta atas kehendak dan pilihanmu sendiri”
    Para hadirin yang cinta Nabi Muhammd yang kami mulyakan, PADA AKHIRNYA, ADA BEBERAPA POIN YANG BISA KITA PETIK DARI PIDATO TADI YAITU :
1. BAHWA HARI SENIN ADALAH HARI YANG MULIA KARENA NABI LAHIR DAN WAFAT PADA SAAT ITU
2. NABI MUHAMMAD SOSOK ANAK YANG TIDAK PUTUS ASA DENGAN KEYATIM PIATUANNYA IA TIDAK SALAH PERGAULAN DAN TETAP JUJUR WALAU  TIDAK BERPENDIDIKAN CUKUP SERTA ORANG DI SEKITARNYA PADA NAKAL
3. NABI MUHAMMAD ADALAH SATU-SATUNYA CONTOH YANG BAIK, DAN KITA SEPATUTNYA SENANTIASA MENCOBA UNTUK MENIRU AKHLAQNYA YANG MULIA
ALLAHMUMMA SHOLLI ‘ALA ……………………………..MUHAMMAD ….!!!
SEKIAN DARI KAMI, KEPADA DEWAN JURI DAN HADIRIN KAMI MOHON MA’AF APABILA SALAH KATA, DAN PADA ALLAH KAMI MOHON AMPUN,
BILLAHI TAUFIQ WAL HIDAYAH, TSUMMAS SALAMU ‘ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH.

2 comments: