Khofifif
Mahasiswa PascaSarjana PAI UIN Maliki Malang
April 2014
DISTANCE
LEARNING AND TELECOMMUNICATIONS TECHNOLOGIES
Pembelajaran
jarak jauh dalam arti luas dapat diimplementasikan melalui aplikasi dari
berbagai teknologi, termasuk audio dan komputer atau teknologi digital.
kepentingan tertentu dalam bagian ini adalah teknologi dalam masing-masing
kategori yang mendorong interaksi. Misalnya dalam auidio kategori
audioconferencing dan audiographics menyediakan kemampuan interaktif antara
instruktur dan siswa.
PENDIDIKAN
JARAK JAUH
Pembelajaran
online adalah lingkungan belajar terbuka dan terdistribusi yang menggunakan
alat pedagogis diaktifkan oleh internet dan teknologi berbasis web, untuk
memfasilitasi pembelajaran dan membangun pengetahuan melalui tindakan yang
berarti dan interaksi. Pengendalian kursus pengajian Pendidikan Jarak Jauh
(PJJ) merupakan satu daripada kaedah pengendalian kursus pengajian yang popular
di kalangan pengusaha-pengusaha institusi pendidikan tinggi swasta (IPTS).
Pengendalian kursus pengajian PJJ telah berubah mengikut masa dan teknologi komunikasi
yang telah dapat mengecilkan jurang antara guru dengan pelajar. Malahan
pengendalian kursus pengajian PJJ merupakan satu daripada strategi IPTS untuk
mengembangkan aktiviti pendidikan ke seluruh dunia. Berbanding dengan kursus
pengajian yang dikendalikan secara konvensional (bersemuka), kursus pengajian
PJJ mempunyai ciri-ciri pengendalian yang berlainan dan memerlukan penilaian
standard dan kualiti yang berbeda. Salah satu daripada ciri-ciri yang penting
dalam pengendalian kursus pengajian PJJ ialah pertemuan secara fizikal tidak
menjadi asas proses pengajaran dan pembelajaran. Ini bermakna 3 pelajar boleh
berdaftar untuk mengikuti sesuatu kursus pengajian yang dikendalikan oleh
sesebuah IPTS tanpa berada di kampus dan seterusnya dianugerah kelayakan
akademik oleh IPTS berkenaan.
Terdapat banyak definisi PJJ yang telah diguna pakai
oleh orang awam, institusi pendidikan tinggi, dan sebagainya. Pada dasarnya,
PJJ merupakan satu kaedah pengajaran kursus pengajian yang ditawarkan kepada
pelajar di tempat pelajar berada tanpa memerlukan pelajar berada secara fizikal
di tempat kursus pengajian tersebut ditawarkan. Maka PJJ boleh didefinisikan,
secara umum, sebagai satu pengendalian kursus pengajian yang meliputi semua
perancangan dan atur untuk menyediakan bahan dan instrumen pengajaran seperti
bahan cetak (buku, jurnal, nota dan majalah, cakera padat, disket, pita rakaman
dan video) atau media komunikasi elektronik (internet, sidang video, sidang
audio, faks, telefon, dan sebagainya) kepada pelajar dan melibatkan proses
pengajaran yang terancang dimana pengajar dan pelajar tidak berada di tempat
yang sama.
Maka penting diwujudkan satu garis panduan bagi
memastikan bahawa pengendalian kursus pengajian secara PJJ mempunyai struktur
dan sistem yang kukuh dan mengikuti kualiti standard dan kriteria yang
ditetapkan. Pengendalian program perlu dipantau dari masa ke masa supaya
kualiti pendidikan dan kelayakan akademik yang dianugerahkan berkualiti dan
mengikut standard dan kriteria pengendalian kursus pengajian akademik.
IPTS
yang ingin mengendalikan kursus pengajian secara PJJ perlu menyediakan satu
sistem pengurusan pengendalian yang khusus. Ini bukan sahaja sebagai satu
mekanisme untuk menentukan kualiti kursus pengajian PJJ, tetapi juga sebagai
makluman kepada pelanggan untuk menilai dan membuat keputusan sama ada ingin
mengikuti kursus pengajian PJJ yang ditawarkan atau tidak. Disamping itu, garis
panduan ini menetapkan kualiti standard dan kriteria 4 yang perlu dipatuhi oleh
IPTS sebelum sesuatu kursus pengajian dapat dipertimbangkan untuk diluluskan
permohonannya.
KAEDAH
PENGENDALIAN KURSUS PENGAJARAN PJJ
Terdapat beberapa kaedah pengendalian kursus
pengajian PJJ yang diamalkan oleh institusi pendidikan tinggi (IPT). Kaedah ini
berubah dari semasa ke semasa mengikut arus perkembangan teknologi komunikasi.
Namun begitu, teknologi yang canggih dan terkini memerlukan pelaburan yang
besar. Justru terdapat juga pandangan yang mengatakan bahwa pengendalian kursus
pengajian PJJ tidak semestinya memerlukan teknologi yang canggih untuk
menyampaikan ilmu pengetahuan. Walau apa pun kaedah yang diguna pakai oleh IPTS
untuk mengendalikan kursus pengajian secara PJJ, IPTS hendaklah dengan jelas
menerangkan kaedah pengendalian kursus pengajian PJJ yang ingin dikendalikan.
Kaedah pengendalian kursus pengajian PJJ boleh dikategorikan kepada beberapa
jenis seperti yang
berikut:
Pengajaran
melalui bahan-bahan pelajaran
Kaedah ini merupakan satu kaedah yang paling popular
sejak kebelakangan ini di kalangan IPTS untuk mengendalikan kursus pengajian
secara PJJ. Melalui kaedah ini, IPTS (dikenali sebagai institusi penawar
kursus) boleh menggunakan berbagai-bagai jenis media komunikasi untuk
menyampaikan pelajaran kepada pelajar (dikenali sebagai penerima kursus) jarak
jauh. Bahan-bahan pelajaran yang boleh digunakan ialah bahan dan instrumen
pengajaran melalui bahan cetak seperti buku, jurnal, nota dan majalah, cakera
padat, disket, pita rakaman dan video atau media komunikasi elektronik seperti
internet, telesidang, audiosidang, faks, telefon, dan sebagainya. Bahan dan 5
instrumen ini bertujuan untuk membantu pelajar dalam mempelajari sesuatu mata
pelajaran kursus pengajian tersebut.
Guru
PJJ
Kaedah ini memerlukan guru daripada institusi
penawar kursus pengajaran berada di lokasi atau pusat wilayah PJJ bagi
mengendalikan kuliah. Pengendalian kuliah ini lazimnya diadakan secara
berjadual (sebagai contoh, kuliah diadakan pada ujung minggu sahaja atau sekali
dalam dua minggu dan sebagainya) lebih menyeluruh, dan lazimnya bercorak
intensif.
Perjalanan
pengendalian kursus pengajian adalah seperti pengajaran secara konvensional
dengan guru memberi kuliah, membuat tutorial dan perbincangan, mengadakan kuiz
atau peperiksaan dan memantau prestasi pelajar tersebut. Namun begitu, pelajar
boleh menghubungi guru terbabit dari semasa ke semasa melalui telefon,
internet, faks, dan sebagainya.
Kombinasi
Pelbagai Instrumen dan Bahan Pengajaran PJJ
Berbagai-bagai kombinasi kaedah pengendalian kursus
pengajian secara PJJ boleh digunakan dan institusi penawar kursus hendaklah
dengan jelas menerangkan kaedah pengendalian kursus tersebut. Pendekatan
kombinasi ini menjadi pilihan yang paling sesuai untuk kebanyakan kursus
pengajian secara PJJ.
ENAM
ATRIBUT PEMBELAJARAN ONLINE
1.
Globalisasi dan pembelajaran sebagai proses sosial yang melekat dan diaktifkan
melalui teknologi telekomunikasi.
2.
Konsep kelompok belajar merupakan hal mendasar untuk mencapai dan
mempertahankan pembelajaran.
3.
Konsep jarak relatif tidak penting atau kabur dan tidak terbatas pada pemisahan
fisik pelajar dan instruktur.
4.
Mengajar dan kegiatan belajar (atau peristiwa saja) didistribusikan di waktu
dan tempat, terjadi serentak dan / atau serentak melalui media yang berbeda.
5.
Peserta didik terlibat dalam berbagai bentuk interaksi: pelajar-pelajar
pelajar-pelajar kelompok-konten dan pelajar-instruktur.
6.
Internet dan / atau teknologi berbasis web yang digunakan untuk mendukung
proses belajar mengajar dan untuk memfasilitasi pembelajaran dan membangun
pengetahuan melalui tindakan yang berarti dan interaksi.
KEY
COMPONENTS OF ONLINE LEARNING
Pada
dasarnya, tiga komponen kunci dari pekerjaan pembelajaran online secara
kolektif untuk mendorong pembelajaran yang bermakna dan interaksi: (a) model
pedagogis atau konstruksi (b) pengajaran dan pembelajaran strategi dan (c) alat
pedagogis, atau teknologi pembelajaran online (yaitu internet dan teknologi
berbasis web ). Ketiga komponen dari hubungan interative di mana model
pedagogis atau konstruksi berdasarkan pembelajaran sebagai proses sosial
menginformasikan desain lingkungan belajar online, yang mengarah ke spesifikasi
strategi pembelajaran dan pembelajaran yang kemudian diaktifkan atau disahkan
melalui penggunaan teknologi pembelajaran.
Wedemeyer (Haryono, 2001) juga berpendapat bahwa PJJ
dicirikan oleh aspek-aspek: (1) siswa/peserta didik belajar terpisah dari
guru/instruktur; (2) isi pelajaran disampaikan melalui tulisan atau media
lainnya; (3) pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan individual dan proses
belajar terjadi melalui kegiatan siswa/peserta didik; (4) belajar dapat dilakukan
ditempat yang dianggap sesuai untuk siswa/peserta didik dilingkungannya sendiri;
dan (5) siswa/peserta didik bertanggung jawab atas kemajuan belajarnya, dan
mempunyai kebebasan dalam menentukan kapan akan mulai dan akan berhenti
belajar, serta kebebasan
dalam
menentukan kecepatan belajarnya.
MODEL
DAN APLICATIONS BELAJAR ONLINE PENGIRIMAN
Seperti
disebutkan sebelumnya, ketika internet dan teknologi berbasis web yang
terintegrasi di bawah satu sistem atau alat, infrastruktur teknologi atau
platform pengiriman muncul dan membentuk spesifik aplications pembelajaran
online juga dapat dianggap hasil dari penggabungan model pedagogis atau
konstruksi dengan teknologi pembelajaran . Contoh aplications ini termasuk
jaringan pengetahuan, portal pengetahuan, jaringan pembelajaran asyncronous,
telelearning, ruang kelas virtual dan intructions berbasis web. Aplications ini
atau model pengiriman merupakan infrastruktur untuk lingkungan pembelajaran
online dan rentang kontinum dari model informal dan longgar didefinisikan ke
model formal dan lebih didefinisikan secara ketat. Selanjutnya, kita
mendefinisikan setiap jenis model pengiriman. Gambar 1.2 menggambarkan hubungan
mereka satu sama lain.
Jaringan
Pengetahuan
Jaringan
pengetahuan adalah jaringan telekomunikasi awalnya dibentuk oleh lembaga yang
terpisah secara geografis yang diperlukan untuk berbagi informasi yang
terhubung melalui transfer elektronik atau tindakan kolaboratif untuk mendukung
produksi dan penggunaan pengetahuan. Dalam dunia sekarang ini , jaringan
pengetahuan jangka terutama konsep corporate mengacu pada jaringan bisnis di
mana hubungan selalu bergerak dan berubah sebagai orang perlu menghubungkan .
Jaringan pengetahuan yang longgar dan informal karena tidak ada perusahaan
patungan yang memegang mereka bersama-sama . Tujuan utama mereka adalah untuk
mengumpulkan dan menyampaikan informasi , seperti komunitas pembelajaran dan
praktek masyarakat , di mana ada tujuan bersama atau rasa misi untuk mencapai
sesuatu . Misalnya, skenario pertama kali disajikan di awal bab ini adalah
jaringan pengetahuan dirancang untuk mendukung misi tertentu : pelatihan
kekuatan saies untuk memasarkan produk baru . Setelah misi ini telah dicapai ,
jaringan pengetahuan dapat membubarkan kecuali anggota atau pengguna secara
kolektif dan secara naluriah menemukan alasan untuk mempertahankan itu , dalam
hal ini bisa berkembang menjadi sebuah komunitas praktek atau komunitas
pengetahuan - bangunan . Lebih sering daripada tidak , bagaimanapun , jaringan
pengetahuan melayani misi atau tujuan tertentu atau terikat waktu
Portal
Pengetahuan
Sebuah
portal pengetahuan adalah metafora layanan diadopsi oleh lingkungan internet
perdagangan, pendidikan pelayanan publik , dan organisasi menyiratkan agregasi
konten sah orang lain menjadi entry point lokal tunggal dan disederhanakan .
Entry point ini menyediakan pelabuhan yang aman bagi pengguna di dunia maya di
mana beberapa landmark lokal ada dan di mana menyediakan baik tempat untuk
diskusi masyarakat dan pemimpin diskusi dipercaya sama pentingnya dengan isi
yang sedang dibahas . Konsep portal pengetahuan dimulai dengan mesin pencari
dan antarmuka web seperti yahoo , menggairahkan dan netscape dengan tujuan
memberikan informasi tentang array yang luas dari subyek dan kemampuan pengguna
untuk personalisasi antarmuka. Deskripsi lain dari portal pengetahuan meliputi
tujuan dan titik peluncuran , tempat untuk self-service dan nonstop belajar
tempat belajar terus-menerus depot pengetahuan . Tempat untuk menggabungkan
belajar , mengetahui , dan melakukan dan Geteway untuk akses , informasi dan
komunitas belajar .
Jaringan
Learning Asynchronous
Mayadas
pertama kali menggunakan ekspresi jaringan pembelajaran asynchronous pada tahun
1994 untuk menggambarkan sebuah komunitas pelajar yang didistribusikan, dengan
memiliki akses ke jaringan komputer, bisa berkomunikasi dengan satu sama lain
dan bahan pembelajaran akses kapan saja dan dari mana saja. belajar jaringan
asynchronous (ALNs) memanfaatkan kapan saja, belajar anywere. Sebuah ALN
mendukung pelajar-pelajar konten-instruktur pelajar-pelajar dan interaksi
pelajar-kelompok. Peserta didik dalam penggunaan ALN Communicatons teknologi
untuk berinteraksi dengan sumber belajar jarak jauh, pelatih atau mentor, dan
lebih ramping lainnya. ALNs menggabungkan belajar-sendiri dengan subtantial,
cepat, intractivity asynchronous dengan orang lain. Dalam pengertian ini, ALNs
lebih formal daripada jaringan pengetahuan dan portal pengetahuan. Mereka
menawarkan kesempatan belajar khusus dan lebih terstruktur dan kegiatan.
Telelearning
Telelearning
membuat koneksi antara orang-orang dan sumber daya melalui teknologi
telekomunikasi untuk tujuan-learning terkait. Telelearning dapat mencakup
kegiatan pembelajaran berikut: teleaccess (penggunaan sumber daya online),
penerbitan virtual (membuat bahan kelas kegiatan asrama distribusi publik
melalui jaringan telekomunikasi, telepresence (kemampuan untuk menggunakan
teknologi telekomunikasi untuk tujuan eksploratori pada remote site),
telementoring, telesharing (mendukung pertukaran semua bentuk sumber daya
informasi antar pengguna melalui teknologi telekomunikasi), dan
telecollaboration (penggunaan teknologi telekomunikasi untuk pemecahan masalah
didistribusikan, desain kolaboratif, dan lintas kelas penyelidikan kolaboratif.
Telelearning adalah lebih lingkungan belajar online yang formal karena biasanya
diprakarsai oleh universitas dan berhubungan dengan couses kredit program gelar.
Kelas
Virtual
Sebuah
kelas virtual adalah lingkungan pembelajaran online formal. Ia menyerupai
lingkungan kelas tetapi tanpa interaksi face-to-face.
Mahasiswa
dalam pangsa kelas virtual pikiran mereka dengan dosen dan teman sekelas,
menggunakan komputer dan perangkat lunak yang memungkinkan mereka untuk
mengirim dan menerima pesan, berinteraksi dengan dosen dan teman sekelas
membaca dan mengomentari materi kuliah, mengambil tes dan menerima umpan balik
tanpa harus menghadiri kelas-kelas yang dijadwalkan.
Contoh
kelas virtual dapat ditemukan di sekolah tinggi virtual (VHS) situs web http
www.govhs.org. The HVS merupakan upaya kolaborasi di mana sekolah menengah dari
seluruh negara bersatu berpartisipasi tawaran kursus online.
Berbasis
Web Instruksi
instruksi
berbasis web meliputi desain terpadu dan pengiriman sumber daya instruksional
melalui world wide web, mempromosikan keterlibatan siswa dengan berbasis teks,
hypermedia, multimedia dan kolaboratif sumber daya untuk tujuan theaching dan
pembelajaran. Berbasis web intruction (WBI) mengambil banyak bentuk dan
menggabungkan berbagai jenis teknologi pengiriman, mulai dari posting sumber
daya pembelajaran bagi siswa, seperti silabus dan catatan kursus instruktur,
penggunaan alat komunikasi berbasis teks untuk mempromosikan diskusi
kolaboratif dan berbagi kegiatan dan dokumen di kalangan pelajar dan
instruktur, di samping itu, sumber daya multimedia, termasuk video streaming
dan audio dan animasi kemampuan dapat menyediakan komponen menarik untuk
dimasukkan dalam WBI.
No comments:
Post a Comment