Thursday, November 10, 2016

PAI Interdisipliner (PAI Rasa Baru) November 2016




PAI Interdisipliner 
Penulis : Rahmat.--Ed. 1, Cet. 1 *
Yogyakarta : Deepublish, Sep 2016 
viii, 107 hlm ; Uk : 14x20 cm 
ISBN 978-602-401-531-2 
Kategori Pendidikan
Penerbit Deepublish (Group Penerbit CV Budi Utama) Anggota IKAPI

PAI (Pendidikan Agama Islam) dewasa ini semakin mengalami pengembangan baik dari model pembelajaran, pendekatannya, metode, teknik dan materinya. Buku ini tidak terlalu secara menyeluruh membahas berbagai pengembangan yang terjadi pada PAI tersebut. Karena itu akan membutuhkan banyak waktu dan lembar kertas. Sedangkan, kami ingin segera menyampaikan bahwa betapa pentingnya praktek pembelajaran PAI yang baik dan benar pada perspektif guru dan khususnya perspektif peserta didik. Akan tetapi bukan berarti buku ini ditulis biasa saja. Hadirnya buku ini melalui serangkaian ijtihad panjang. Dimana penulis telah melakukan telaah kritis, analitis, obyektif dan reflektif teoritis serta koreksi para ahli dalam Pendidikan Agama Islam berbasis Interdisipliner. Dengan bahasa yang ramah, buku ini diikhtiarkan relevan untuk dijadikan salah satu sumber inspirasi bagi dosen, guru PAI, mahasiswa dan siswa serta patut dipertimbangkan sebagai refrensi belajar-mengajar di sekolah, perguruan tinggi bahkan pesantren.
Karena pembelajaran PAI selama ini masih terkesan tekstual, hapalan dalil dan terbatas dalam ruang kelas jarang sekali diajarkan secara kontekstual, sebuah keniscayaan perlu adanya pendekatan baru dalam pembelajaran PAI. pendekatan yang kami maksud adalah pendekatan interdisipliner. Pendekatan Interdisipliner (interdisciplinary approach) dalam PAI ialah untuk pemecahan suatu masalah dengan menggunakan tinjauan berbagai sudut pandang ilmu serumpun yag relevan secara terpadu. Maka tidak menutup kemungkinan PAI sebagai disiplin ilmu pendidikan agama Islam kemudian ditinjau dari sudut pandang Ilmu Sosiologi Pendidikan, Psikologi Pendidikan dan disiplin ilmu pendidikan lainnya. Kajian yang demikian memang bukan hal baru, namun ternyata penerapannya masih jauh dari harapan. Sehingga, integrasi (keterpaduan) yang terdapat dalam buku ini diharapkan akan membantu praktik pembelajaran PAI yang lebih baik, benar dan menyenangkan.

***

**Rahmat adalah dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC) Pacet Mojokerto.

link terkait: https://www.facebook.com/rachmat.fatahillah/media_set?set=a.1330355413664043.1073741834.100000687910178&type=3

2 comments:

  1. maaf ini bukunya dijual? berapa harganya? kalau dari luar Jawa bagaimana cara pemesanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar jawa bisa, Pemesanan Via WA , 082334066634

      Delete