Saturday, July 14, 2018

S1 - Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Institut Pesatren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto 2018

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERWAWASAN INTERDISIPLINER
(PAI -  BI) S1
 Keputusan Dirjen Pendis No. 5374 Tahun 2016

INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM (IKHAC)
PACET MOJOKERTO 




 Bismillahirrahmanirrahim

Menjawab tantangan global yang mendambakan sosok pendidik yang ilmuan sekaligus ulama serta unggul, utuh dan berakhlaqul karimah, Fakultas Tarbiah Institut Pesantren KH Abdul Cahalim yang biasa disingkat IKHAC telah membuka program studi terbarunya Strata satu (S1) yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), prodi tersebut lahir pada tanggal 26 September 2016 hal itu sesuai dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang ditandatangani lagsung oleh Kamaruddin Amin selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Seiring perkembangannya, setelah mendapat arahan dan masukan dari berbagai kalangan akademisi, Kiyai dan mahasiswa sehingga terbentuklah visi, misi, dan profile lulusan.

Visi
Menjadi Program Studi Terdepan dalam Pengkajian Ilmu Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Pada Tahun 2026
Misi
1.   Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dan utuh dengan menumbuh-kembangkan akhlakul karimah yang menjaga kearifan lokal serta berperilaku kreatif, inovatif dan cakap dalam mengolah perubahan.
2.   Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu keislaman Indonesia berwawasan interdisipliner.
3.   Menbudayakan tata kelola institusi yang berprinsip kepada tata kelola yang baik (good governance).
4. Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi baik dalam maupun luar negeri dalam rangka   menumbuhkembangkan kompetensi dan eksistensi lulusan serta lembaga
Tujuan
  1. Terselenggaranya pendidikan yang unggul dan utuh dengan menumbuh-kembangkan akhlakul karimah yang menjaga kearifan lokal serta berperilaku kreatif, inovatif dan cakap dalam mengolah perubahan
  2. Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu keislaman Indonesia berwawasan interdisipliner.
  3. Membudayanya tata kelola institusi yang berprinsip kepada tata kelola yang baik (good governance).
  4. Terjalinnya kerjasama dengan instansi-instansi baik dalam maupun luar negeri dalam rangka menumbuhkembangkan kompetensi dan eksistensi lulusan serta lembaga.
Profile Lulusan
  1. Sarjana pendidikan (Pendidik/Praktisi Pendidikan)
Pendidik Agama Islam SMP/SMA (yang sederajat), Madrasah diniyah (sederajat) serta memenuhi kompetensi, kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial
  1. Sarjana pendidikan (Asisten Peneliti Pendidikan)
Asisten dalam kegiatan penelitian baik tingkat dasar maupun terapan dalam bidang pendidikan agama Islam
  1. Sarjana pendidikan (Pengembang Bahan Ajar)
Pengembang bahan ajar sebab menurut Prof. Dr. Muhaimin (Alm) bahan ajar merupakan komponen terpenting yang sesungguhnya terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
  1. Sarjan pendidik (Edupreneur)
Pendidik yang utuh dan unggul dalam Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Ilmu Akuntansi, IT dan Aswaja serta berakhlakul karimah.

082234066634

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Berwawasan Interdisipliner IKHAC 2018




No comments:

Post a Comment