Saturday, July 14, 2018

S1 - Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Institut Pesatren KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto 2018

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERWAWASAN INTERDISIPLINER
(PAI -  BI) S1
 Keputusan Dirjen Pendis No. 5374 Tahun 2016

INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM (IKHAC)
PACET MOJOKERTO 




 Bismillahirrahmanirrahim

Menjawab tantangan global yang mendambakan sosok pendidik yang ilmuan sekaligus ulama serta unggul, utuh dan berakhlaqul karimah, Fakultas Tarbiah Institut Pesantren KH Abdul Cahalim yang biasa disingkat IKHAC telah membuka program studi terbarunya Strata satu (S1) yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), prodi tersebut lahir pada tanggal 26 September 2016 hal itu sesuai dengan surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam yang ditandatangani lagsung oleh Kamaruddin Amin selaku Direktur Jenderal Pendidikan Islam.
Seiring perkembangannya, setelah mendapat arahan dan masukan dari berbagai kalangan akademisi, kiai dan mahasiswa sehingga terbentuklah visi, misi, tujuan dan sasaran strategisnya.

Visi

Menjadi program studi terdepan dalam pengembangan ilmu pendidikan keislaman Indonesia berwawasan interdisipliner pada tahun 2023
 
Misi

1.   Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu melalui kegiatan ta’lim, tarbiyah, ta’dib, dan irsyad dengan menumbuh-kembangkan sikap dan perilaku inovatif, kreatif, dan reinterpretatif, serta kecakapan untuk mengelola perubahan.

2.   Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu keislaman Indonesia berbasis riset interdisipliner.

3.   Menyelenggarakan tata kelola institusi yang menganut prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance). 

4. Membentuk jejaring kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam rangka membangun eksistensi kelembagaan

 

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan tenaga kependidikan pesantren dan pelaku pencerahan di masyarakat yang berkepribadian luhur, mampu mengelola perubahan dan melakukan interpretasi dan inovasi di bidang pendidikan pesantren dan dakwah multikultural serta berwawasan interndisipliner.
  2. Membekali dan mengembangkan keahlian para mahasiswa di bidang metodologi, Aswaja, Akuntansi, IT, dan bahasa, yakni Bahasa Arab, Bahasa Inggris, serta Bahasa Indonesia.
  3. Mengembangkan perangkat metodologi berpikir ilmiah para mahasiswa guna mempertajam analisis dan retorika dalam mengembangkan dan mengkomunikasikan ilmu-ilmu yang telah dimilikinya 
  4. Terbentuknya jejaring

Sasaran Strategis 

1.   Sarjana Muslim di bidang Pendidikan Keislaman Indonesia yang memiliki integritas dan integrasi keilmuan, kompeten, responsif dan profesional.

2.   Karya ilmiah sebagai produk pemikiran dan penelitian, karya teknologi, inovasi pembelajaran dan pusat studi Pendidikan Agama Islam 

3. Layanan jasa di bidang Pendidikan Agama Islam baik dalam bentuk pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi



Selanjutnya, sebagai Perguruan Tinggi Islam yang terintegrasi dengan Pesantren (baik dari kajian maupun sistem pendidikan) yang hal ini Pesantren Amanatul Ummah, maka terbentuk juga tujuan peruntukan bagi mahasiswa yang sekaligus mahasantri IKHAC yaitu:
  1. Untuk menjadi Ulama BESAR yang akan bisa menerangi dunia dan Indonesia
  2. Untuk menjadi para pemimpin dunia dan pemimpin bangsanya yang akan mengupayakan terwujudnya kesejahteraan dan tegaknya keadilan
  3. Untuk menjadi konglomerat BESAR yang akan memberikan kontribusi maksimal bagi terwujudnya kesejahteraan bangsa Indonesia
  4. Untuk menjadi para profesional yang berkualitas dan bertanggungjawab



SUSUNAN ORGANISASI PROGRAM STUDI  
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN INTERDISIPLINER (PAI-BI)
INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM (IKHAC)
PACET MOJOKERTO


 
Join us right now, for changes! contak person 085735628188


Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Berwawasan Interdisipliner IKHAC 2018




No comments:

Post a Comment