SUBYEK AKADEMIS
|
HUMANISTIK
|
REKONSTRUKSI SOSIAL
|
TEKNOLOGIS
|
|
Aliran
Pendidikan
|
Klasik
|
Pribadi
|
Interaksionis
|
Teknologi
Pendidikan
|
Bahan
Ajar
|
Ada
beberapa pola organisasi isi (mata pelajaran) kurikulum. Yang terpenting
adalah correlated curriculum; unified / concentrated curriculum;
integrated curriculum problem solving curriculum
|
Kurikulum
konfluen, yaitu kurikulum yang ingin menyatukan segi-segi afektif dengan
kognitif. Cirri utama: partisipasi siswa; integrasi pemikiran perasaan dan
tindakan; relevansi dengan kebutuhan, minat dan kebutuhan siswa; pendidikan
untuk pengembangan pribadi anak dan aktualisasi diri; tujuan pendidikan
diarahkan para pengembangan pribadi yang utuh, yang serasi baik di dalam
dirinya maupun dengan lingkungannya
|
Cirri-ciri
kurikulum rekonstruksi social: asumsi kurikulum ini adalah menghadapkan para
siswa pada tantangan, hambatan dan gangguan yang dihadapi manusia; kegiatan
belajar dipusatkan pada masalah-masalah social yang mendesak; pola-pola
organisasi kurikulum disusun seperti sebuah roda, yaitu di tengah-tengahnya
sebagai poros dipilih sebuah tema utama kemudian dijabarkan melalui sejumlah
topic yang diilustrasikan pada jari-jari ‘roda’ tersebut.
|
Bahan ajar
diambi dari disiplin ilmu, tetapi telah diramu sedemikian rupa sehingga
mendukung penguasaaan suatu kompetensi
|
Strategi
Mengajar
|
Metode
ekspositori dan inkuiri. Ide-ide diberikan guru kemudian dielaborasi
(dilaksanakan) siswa sampai mereka kuasai
|
Tekhnik
afektif, seperti dyads yang merupakan latihan komunikasi afektif
antara dua orang; rituals yaitu suatu kegiatan untuk menciptakan
kebiasaan, kegiatan atau ritual baru.
|
Kerja sama
baik antara individu dalam kegiatan kelompok maupun antar kelompok dalam
kegiatan pleno. Bagi rekonstruksi social, belajar merupakan kegiatan bersama,
ada kebergantungan antara seorang dengan lainnya. Dalam kegiatan belajar
tidak ada kompetisi, yang ada adalah kooperasi atau kerjasama, saling
pengertian atau konsensus
|
Pengajaran
bersifat individual, tiap siswa menghadapi serentetan tugas yang harus
dikerjakannya dan maju sesuai dengan kecepatan masing-masing. Pada saat
tertentu ada tugas-tugas yang harus dikerjakan secara kelompok. Setiap siswa
harus menguasai secara tuntas tujuan-tujuan program pengajaran
|
Media
Mengajar
|
Buku-buku
standar
|
Setiap guru
diberi ruang yang luas untuk berkreasi. Selain itu, guru harus mampu
menciptakan hubungan yang hangat dengan murid dan mampu menjadi sumber
belajar; motivator belajar. Peran mengajar bukan hanya oleh guru, melainkan
oleh murid juga. Guru juga tidak mamaksakan sesuatu yang tidak disenangi
murid
|
Survey
masyarakat
|
Tools
technology
(teknologi alat) dan system technology (teknologi sistem). Teknologi
alat lebih menekankan pada penggunaan alat-alat teknologis untuk menunjang
efisiensi dan efektivitas pendidikan (seperti LCD); sedangkan teknologi
system menekankan pada penyusunan program pendidikan
|
Evaluasi
|
Evaluasi
bervariasi disesuaikan dengan tujuan dan sifat mata pelajaran. Misalnya:
bidang studi humaniora lebih banyak digunakan essay test
|
Lebih
mengutamakan proses daripada hasil. Kurikulum humanistic tidak memiliki
criteria pencapaian, sasaran mereka adalah perkembangan anak supaya menjadi
manusia yang lebih terbuka, lebih berdiri sendiri. Penilaiannya bersifat
subyektif baik dari guru maupun para siswa
|
Evaluasi
melibatkan siswa. Keterlibatan mereka terutama dalam memilih, menyusun dan
menilai bahan yang diujikan. Evaluasi tidak hanya menilai apa yang telah
dikuasai siswa, tetapi juga menilai pengaruh kegiatan sekolah terhadap masyarakat.
Pengaruh tersebut terutama menyangkut perkembangan masyarakat dan peningkatan
taraf kehidupan masyarakat
|
Kegiatan
evaluasi dilakukan setiap saat, pada akhir suatu pelajaran, suatu unit
ataupun semester. Fungsi evaluasi bermacam-macam, sebagai umpan balik bagi
siswa dalam penyempurnaan penguasaan suatu satuan pelajaran (evaluasi
formatif), umpan balik bagi siswa pada akhir suatu program atau semester
(evaluasi sumatif). Evaluasi yang digunakan umumnya berbentuk tes objektif
|
Wednesday, October 12, 2011
Matriks Kurikulum. (Aliran Pendidikan, Subjek Akademi, Bahan ajar)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment