Thursday, March 29, 2012

Tasawuf Dalam Masyarakat Islam Indonesia Kontemporer .

Tasawuf Dalam Masyarakat Islam Indonesia Kontemporer
Arif Zamhari
Al-Hikam Depok
  Apa Tasawuf , majlis zikr (chanting group) and tarekat (sufi order)?
  Tasawuf Dalam Masyarakat Kontemporer Indonesia : Kebangkitan Islam (Islamic Revivalism)
  Majlis Zikr Al- Zikra
  Respon terhadap Tasawuf
  Kesimpulan

1. Apa itu Tasawuf?
  Tasawuf didefinisikan secara luas di Indonesia.
  Sufism ( tasawuf) adalah ajaran spiritual, pengetahuan dan praktek Individu ataupun kelompok Muslim yang bertujuan untuk penyucian hati dalam pendekatan diri kepada Tuhan.
  Personal intensification and interiorization of Islamic faith and practice (Julia Howell,2001)
  Tarekat (Sufi Order) ardalah praktek tasawuf dalam bentuk ritual komunal tertentu melalui organisasi tasawuf (Zamhari, 2010).
  Majlis zikir (remembrance of God group) adalah kelompok  yang mempraktekkan pembacaan zikr (short phrases from Qur’an and the name of God)  and Salawat (a word to praise the Prophet Muhammad) secara berjamaah untuk mencapai kesempurnaan dan kedekatan kepada Allah tanpa terikat dengan organisasi tarekat.
Tarekat (Sufi Order) and Majlis Zikr
TAREKAT:
  bay’at kepada (murshid)
  Murshid sangat penting untuk membimbing murid
  Zikir yang dibaca oleh kelompok ini diperoleh melalui jalur sanad dari murshid sampai kepada rasulullah
  Kelompok ini biasanya mensyaratkan umur 40 tahun untuk menjadi anggota.
  Membaca zikr diwajibkan setiap harinya setelah shalat
  Sebagian besar kelompok ini berasal dari luar negeri
MAJLIS ZIKR:
  Biat tidak disyaratkan .red.
  Guru hanyalah berfungsi sebagai pemimpin ritual bukan sebagai pembimbing spiritual.
  Zikr yang dibaca tidak ditransmisikan melalui jalur sanad.
  Tidak mensyarakatkan umur tertentu
  Dianjurkan membaca zikr setiap hari
  Hanya bersifat lokal koneksinya 

2. Contemporary Sufism in Indonesia: Islamic Revivalism
  Sejak tahun 70 an, Indonesia telah mengalami kebangkita Islam
  Islam hadir tanpak nyata dalam kehidupan:
     - Peningkatan jumlah masjid dan jamaah nya
-  Popularitas pakaian Islam di kalangan kelas menengah (such as head scarves among women, fashion show    and school students)
- Penggunaan simbol simbol dan bahasa Islam di media dan wilayah publik dan peningkatan kegiatan keagamaan di kalangan kampus kampus sekuler.
- Films, lagu -lagu, sinetron religi (soap opera), and buku buku agama sangat populer.
  Penerbitan dan pendidikan Islam, and wisata Islami mengalami booming.
  Wirausaha Muslim dapat melakukan inovasi teknologi untuk mempopulerkan pesan keagamaan mereka.
  Tasawuf merupakan gambaran penting dalam kebangkitan islam di Indonesia.
  Sebelumnya , Social scientists (Arberry 1950, Geertz 1960, Gellner, 1981; Sodjatmoko 1966) menganggap tasawuf hanyalah sebagai sisa sisa dari tradisi masyarakat pedesaan dan kehidupan suku.
  Tasawuf akan lenyap dari bumi Indonesia ketika masyarakatnya menjadi modern.
  Sebaliknya, Tasawuf telah menarik sejumlah pengikut yang banyak dari latar belakang sosial dan budaya. Institusi tasawuf memperoleh pengikut baru bukan hanya dari masyarakat pedesaan dan kelas menengah kota.
  Jumlah tarekat meningkat secara dramatis dalam 30 tahun belakangan.
  Even, kelompok tasawuf lokal telah muncul dalam jumlah yang signifikan.
  Kelompok ini menarik minat semua kelompok usia dan gender dari masyarakat pedesaan maupun kalangan terdidik kota dan bakan elit politik.
  Sebagian besar kelompok ini didirikan oleh para kyai yang memiliki afiliasi dengan pesantren tertentu.
  Kelompok ini memiliki struktur organisasi di level (Provincial, district, sub-district)

3. Majlis Zikr Al-Zikrah
  Didirikan oleh  Arifin Ilham (preacher), yang sebelumnya menentang keras praktek zikr (bid’ah).
  Ayahnya memiliki preudice negatif terhadap umat Islam yang mempraktekkan zikr dengan suara.
  Segalanya berubah ketika dia digigit ular 1997.
  Ketika proses penyembuhan dia sering bermimpi agar mengajak umat untuk berzikr di masjid dan menyelematkan manusia dari godaan setan.
  Dia lalu memimpin jamaah zikr dan muraqabah di masjid sekitar.
  Dia membimbing masyarakat untuk melakukan refleksi terhadap dosa dan bertaubat dan membuat orang menangis.
  Format inilah yang dijadikan acuan dalam setiap ritual zikr Arifin (zikir berjama’ah).
  Pada tahun 2001 dia mengadakan zikr akbar dihadiri ribuan orang dan disiarkan di beberapa station TV dan dihadiri selbriits dan politisi.
  Program dia kemudian disebut “Zikr Berjamaah” (grand collective zikr) and “Zikr Taubat” (repentance zikr). Dan menjadi merk nya. 
  Seperti dai selebriti lainnya dia mempromosikan programnya melalui buku populer, dvd dan video
  Arifin Ilham: Zikr sangat penting bagi masyarakat modern yang kering secara spiritual.
  Melakukan zikr membuat manusia lebih dekat kepada Tuhan. Ia dapat memperkaya spiritualitas masyarakat modern. Kalau tidak mereka akan terperangkap dalam materialisme
  Ada beberapa aturan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan zikr:
                - Berwudlu untuk mensucikan hati dan badan (communication with God).
                - Zikr harus dilakukan di masjid – Harus menghadap kiblat
                - sitting like in prayer.
                - Memakai baju putih
  Ritua zikr Arifin sangat dekat dengan ritual zikr yang dipraktekkan kalangan NU :
    - Pembacaan Asmaul Husna recitation of the beautiful names of God
    - Ada intonasi suara
    - tahmid (praising God)
    - Pengulangan lafal tahlil
  Untuk  mengorganisasi kelompoknya, Arifin membentuk struktur organisasi: Executive board (I., Dewan Tanfidhiah) and a consultative board (I., Dewan Syuriah).
  Majlis ini bukan hanya sebagai majlis zikr tapi juga menyajikan  pelayanan sosial (family consultation, orphanage, philanthropy)

4. The response to Sufism
  Tasawuf di Indonesia mendatangkan kritik dan reaksi :
  1. Modernist groups (throughout the 20th  century):
                -  Menganggap tasawuf sebagai toleransi terhadap ritual pengkultusan.
    - Sangat berlebihan dalam menghormati guru spiritual  dan memiliki struktur hirarki yang mengakibatkan terpeleset dari ajaran tauhid (I., tauhid)
    - Mengajarkan kepatuhan tanpa batas kepada anggota tarekat yang dewasa.
  Tasawuf dianggap sebagai ‘‘the Islam which is not Islam’’ (Islam yang bukan Islam).
2. Salafi Groups:
  Gerakan salafi dipengaruhi oleh Wahabism (the most puritanical Islamic group).
  Tujuan: Untuk memerangi khurafat dan praktek Tasawuf dan prilaku tidak Islami di kalangan umat Islam.
  Konsen nya adalah kembali kepada ajaran tauhid sambil menyerukan pada praktek-praktek keagamaan yang ketat.
  Karena itu mereka ingin kembali kepada Quran dan Hadis secara murni dan menghindari praktek-praktek yang dikategorikan sebagai TBC
  Mereka  mengkritik pembacaan zikr dengan suara, karena termasuk kategori bidah.
  Mereka memberikan kritik nya melalui pengajian di masjid, radio, buku dan pamflet 

Kesimpulan
  Apakah dengan kritik itu perkembangan tasawuf mengalami penurunan?
  Prediksi para ahli Islam dan Indonesia bahwa kelompok tasawuf serta pendukungnya akan lenyap dari bumi Indonesia seiring dengan semakin modernya masyarakat  ternyata salah.  Bahkan kelompok tasawuf non tarekat lainnya tumbuh subur baik di pedesaan maupun perkotaan.

No comments:

Post a Comment