Tasawuf
Dalam Masyarakat Islam Indonesia Kontemporer
Arif
Zamhari
Al-Hikam Depok
Apa Tasawuf ,
majlis zikr (chanting group) and tarekat (sufi order)?
Tasawuf Dalam
Masyarakat Kontemporer Indonesia : Kebangkitan Islam (Islamic Revivalism)
Majlis Zikr Al-
Zikra
Respon terhadap
Tasawuf
Kesimpulan
1. Apa itu
Tasawuf?
Tasawuf
didefinisikan secara luas di Indonesia.
Sufism ( tasawuf)
adalah ajaran spiritual, pengetahuan dan praktek Individu ataupun kelompok
Muslim yang bertujuan untuk penyucian hati dalam pendekatan diri kepada Tuhan.
Personal intensification and
interiorization of Islamic faith and practice (Julia Howell,2001)
Tarekat (Sufi
Order) ardalah praktek tasawuf dalam bentuk ritual komunal tertentu melalui
organisasi tasawuf (Zamhari, 2010).
Majlis zikir
(remembrance of God group) adalah kelompok
yang mempraktekkan pembacaan zikr (short phrases from Qur’an and
the name of God) and Salawat (a
word to praise the Prophet Muhammad) secara berjamaah untuk mencapai
kesempurnaan dan kedekatan kepada Allah tanpa terikat dengan organisasi
tarekat.
Tarekat
(Sufi Order) and Majlis Zikr
TAREKAT:
bay’at kepada
(murshid)
Murshid sangat
penting untuk membimbing murid
Zikir yang
dibaca oleh kelompok ini diperoleh melalui jalur sanad dari murshid sampai
kepada rasulullah
Kelompok ini
biasanya mensyaratkan umur 40 tahun untuk menjadi anggota.
Membaca zikr
diwajibkan setiap harinya setelah shalat
Sebagian besar
kelompok ini berasal dari luar negeri
MAJLIS
ZIKR:
Biat tidak
disyaratkan .red.
Guru hanyalah
berfungsi sebagai pemimpin ritual bukan sebagai pembimbing spiritual.
Zikr yang
dibaca tidak ditransmisikan melalui jalur sanad.
Tidak
mensyarakatkan umur tertentu
Dianjurkan
membaca zikr setiap hari
Hanya bersifat
lokal koneksinya
2. Contemporary
Sufism in Indonesia: Islamic Revivalism
Sejak tahun 70
an, Indonesia telah mengalami kebangkita Islam
Islam hadir
tanpak nyata dalam kehidupan:
- Peningkatan jumlah masjid dan jamaah nya
- Popularitas pakaian Islam di kalangan kelas
menengah (such as head scarves among women, fashion show and school students)
-
Penggunaan simbol simbol dan bahasa Islam di media dan wilayah publik dan
peningkatan kegiatan keagamaan di kalangan kampus kampus sekuler.
- Films,
lagu -lagu, sinetron religi (soap opera), and buku buku agama sangat populer.
Penerbitan dan
pendidikan Islam, and wisata Islami mengalami booming.
Wirausaha
Muslim dapat melakukan inovasi teknologi untuk mempopulerkan pesan keagamaan
mereka.
Tasawuf
merupakan gambaran penting dalam kebangkitan islam di Indonesia.
Sebelumnya ,
Social scientists (Arberry 1950, Geertz 1960, Gellner, 1981; Sodjatmoko 1966)
menganggap tasawuf hanyalah sebagai sisa sisa dari tradisi masyarakat pedesaan
dan kehidupan suku.
Tasawuf akan
lenyap dari bumi Indonesia ketika masyarakatnya menjadi modern.
Sebaliknya,
Tasawuf telah menarik sejumlah pengikut yang banyak dari latar belakang sosial
dan budaya. Institusi tasawuf memperoleh pengikut baru bukan hanya dari
masyarakat pedesaan dan kelas menengah kota.
Jumlah tarekat
meningkat secara dramatis dalam 30 tahun belakangan.
Even, kelompok
tasawuf lokal telah muncul dalam jumlah yang signifikan.
Kelompok ini
menarik minat semua kelompok usia dan gender dari masyarakat pedesaan maupun
kalangan terdidik kota dan bakan elit politik.
Sebagian besar
kelompok ini didirikan oleh para kyai yang memiliki afiliasi dengan pesantren
tertentu.
Kelompok ini
memiliki struktur organisasi di level (Provincial, district, sub-district)
3. Majlis Zikr
Al-Zikrah
Didirikan
oleh Arifin Ilham (preacher), yang
sebelumnya menentang keras praktek zikr (bid’ah).
Ayahnya
memiliki preudice negatif terhadap umat Islam yang mempraktekkan zikr dengan
suara.
Segalanya
berubah ketika dia digigit ular 1997.
Ketika proses
penyembuhan dia sering bermimpi agar mengajak umat untuk berzikr di masjid dan
menyelematkan manusia dari godaan setan.
Dia lalu
memimpin jamaah zikr dan muraqabah di masjid sekitar.
Dia membimbing
masyarakat untuk melakukan refleksi terhadap dosa dan bertaubat dan membuat
orang menangis.
Format inilah
yang dijadikan acuan dalam setiap ritual zikr Arifin (zikir berjama’ah).
Pada tahun 2001
dia mengadakan zikr akbar dihadiri ribuan orang dan disiarkan di beberapa
station TV dan dihadiri selbriits dan politisi.
Program dia
kemudian disebut “Zikr Berjamaah” (grand collective zikr) and “Zikr Taubat”
(repentance zikr). Dan menjadi merk nya.
Seperti dai selebriti
lainnya dia mempromosikan programnya melalui buku populer, dvd dan video
Arifin Ilham:
Zikr sangat penting bagi masyarakat modern yang kering secara spiritual.
Melakukan zikr
membuat manusia lebih dekat kepada Tuhan. Ia dapat memperkaya spiritualitas
masyarakat modern. Kalau tidak mereka akan terperangkap dalam materialisme
Ada beberapa
aturan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan zikr:
- Berwudlu untuk mensucikan hati
dan badan (communication with God).
- Zikr harus dilakukan di masjid
– Harus menghadap kiblat
- sitting like in prayer.
- Memakai baju putih
Ritua zikr
Arifin sangat dekat dengan ritual zikr yang dipraktekkan kalangan NU :
- Pembacaan Asmaul Husna recitation of the
beautiful names of God
- Ada intonasi suara
- tahmid (praising God)
- Pengulangan lafal tahlil
Untuk mengorganisasi kelompoknya, Arifin membentuk
struktur organisasi: Executive board (I., Dewan Tanfidhiah) and a
consultative board (I., Dewan Syuriah).
Majlis ini
bukan hanya sebagai majlis zikr tapi juga menyajikan pelayanan sosial (family consultation,
orphanage, philanthropy)
4. The
response to Sufism
Tasawuf di
Indonesia mendatangkan kritik dan reaksi :
1. Modernist
groups (throughout the 20th
century):
- Menganggap tasawuf sebagai toleransi terhadap
ritual pengkultusan.
- Sangat berlebihan dalam menghormati guru
spiritual dan memiliki struktur hirarki
yang mengakibatkan terpeleset dari ajaran tauhid (I., tauhid)
- Mengajarkan kepatuhan tanpa batas kepada
anggota tarekat yang dewasa.
Tasawuf dianggap
sebagai ‘‘the Islam which is not Islam’’ (Islam yang bukan Islam).
2. Salafi
Groups:
Gerakan salafi
dipengaruhi oleh Wahabism (the most puritanical Islamic group).
Tujuan: Untuk
memerangi khurafat dan praktek Tasawuf dan prilaku tidak Islami di kalangan
umat Islam.
Konsen nya
adalah kembali kepada ajaran tauhid sambil menyerukan pada praktek-praktek
keagamaan yang ketat.
Karena itu
mereka ingin kembali kepada Quran dan Hadis secara murni dan menghindari
praktek-praktek yang dikategorikan sebagai TBC
Mereka mengkritik pembacaan zikr dengan suara,
karena termasuk kategori bidah.
Mereka
memberikan kritik nya melalui pengajian di masjid, radio, buku dan pamflet
Kesimpulan
Apakah dengan
kritik itu perkembangan tasawuf mengalami penurunan?
Prediksi para
ahli Islam dan Indonesia bahwa kelompok tasawuf serta pendukungnya akan lenyap
dari bumi Indonesia seiring dengan semakin modernya masyarakat ternyata salah. Bahkan kelompok tasawuf non tarekat lainnya
tumbuh subur baik di pedesaan maupun perkotaan.
No comments:
Post a Comment