Silabus
Pesantren Mahasiswa
Al-Hikam
Malang
2006
Jl. Cengger Ayam No. 25 Malang
Telp. 0341-495375 Fax. 0341-475387
Editor
M. Nurcholiq
Penyusun
Drs. H. Muhammad Nafi’
Drs. H. Anwar Sa’dullah
Drs. H. Muzamil Zaini
H. Abdul Hadi, Lc.
H. Nur Kholis, S.Sos.
Ahmad Munjinasih, M.Ag.
Hilman Wajdi, S.Pd.
M. Nadhief, S.S.
Ali Mukti, S.Pd.
Ahmad Jani Mashudi, M.P.
Handoko Ja’far, S.S.
H. Zaenu Zuhdi, M.HI.
H. Yusuf Agung Subekti,
Lc.
H. Misbahul Munir,
M.EI.
Mutamakin, M.A.
Daru Kurniawan, S.AP.
M. Abdu, S.Pd.
Nur Asyik H, S.T.
M. Nurcholiq
Kata Pengantar
Al-Hamdulillah puji syukur kehadirat Allah swt,
yang telah memberikan karunia kenikmatan yang tak terhingga utamanya nikmat
iman, islam, dan kesehatan. Sholawat dan salam semoga terus tercurahkan kepada
junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw beserta para keluarga, sahabat, dan
ulama pewarisnya, Amin.
Sejalan dengan perjalanan dan perkembangan
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yang sudah berusia ± 15 tahun (yang didirikan pada tanggal 17 Ramadhan
1413 H/ 21 Maret 1992 M), tentu sudah banyak keberhasilan yang patut disyukuri
termasuk juga yang harus dievaluasi utamanya yang berkenaan dengan upaya
peningkatan mutu pembelajaran dan kualitas hasil pendidikan atau kurikulum
pesantren.
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai
kedudukan yang cukup sentral dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran,
menentukan proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Kiranya bukanlah sesuatu
yang berlebihan jika dikatakan bahwa proses pendidikan dikendalikan, diatur,
dan dinilai berdasarkan kriteria yang ada dalam kurikulum.
Untuk itu bagian Dirosah berinisiatif melakukan
review kurikulum yang representatif untuk pengembangan keilmuan dan dunia kerja
serta dapat merencanakan kualitas proses pendidikan dan pembelajaran, kualitas
bahan/konten pendidikan, kualitas hasil belajar sesuai dengan motto pesantren
yaitu; Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, dan Kesiapan Hidup serta diharapkan
dapat mengembangkan potensi santri menjadi kualitas pribadi yang maksimal.
Dan setelah melalui proses diskusi yang cukup
panjang, selama 6 bulan, Al-Hamdulillah review kurikulum ini dapat dirampungkan
dengan baik. Oleh karena itu saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada
para asatidz yang tergabung di dalam tim review kurikulum yang telah
mencurahkan waktu, perhatian, dan pemikirannya, utamanya Ust. H. Muhammad
Nafi’ sebagai ketua tim dan Ust. M. Nurcholiq sebagai sekretaris.
Semoga Allah mencatatnya sebagai amal jariah ‘ilm yuntafa’ bih, dan semoga santri kita menjadi orang yang shaleh
‘inda al-syari’ah dan shaleh ‘inda al-zaman. Amin Ya Robbal ‘Alamin.
Kurikulum ini akan ditinjau ulang setidaknya pada
kurun 5 tahunan dengan tidak menutup kemungkinan adanya evaluasi setiap
semester untuk tujuan penyelarasan, penyesuaian di tingkat aplikasi pengajaran
tanpa merubah esensi dan target yang telah dicanangkan.
Saya sangat berterima kasih kepada para pembaca,
pendidik dan pemerhati pesantren yang selalu saya tunggu saran dan kritiknya
yang konstruktif demi terwujudnya silabus yang lebih baik di waktu yang akan
datang.
Terakhir, sebagai Kepala Dirosah Pesantren
Mahasiswa Al-Hikam Malang, saya sangat berharap kiranya para asatidz
dapat mengaplikasikannya dengan baik dan dapat menyempurnakan
kekurangan-kekurangan di dalamnya.
Semoga Allah swt
meridhoi dan memberkati apa yang telah kita ihtiyarkan, Amin Ya
Robbal ‘Alamin.
Malang, 12 Nopember
2006
Kepala Dirosah
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam
Drs. H. Muzamil
Zaini
Sambutan
Kepala Pesantren
بسم
الله الرحمن الرحيم
الحمد
لله والصلاة والسلام على رسول الله. ولا حول ولا قوة إلا بالله. أما بعد؛
Perjalanan Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al-Hikam
sudah panjang. Banyak hal yang perlu disyukuri termasuk juga yang harus
dievaluasi. Dengan berjalannya waktu, Pesma Al-Hikam telah berkembang, fasilitas
yang semakin lengkap, dan perhatian masyarakat yang semakin besar. Hal ini
tentunya harus mampu dijawab dengan baik oleh pesma Al-Hikam.
Kepercayaan yang besar dari masyarakat ini tentunya
menuntut kepada Pesma untuk selalu berbenah dan meningkatkan kinerja program
pendidikan dan pembinaan sumberdaya manusia. Dari serangkaian proses evaluasi
yang dilakukan baik oleh tim kerja Pesma Al-Hikam maupun hasil penyerapan
aspirasi dari perwakilan santri ternyata sangat banyak hal yang harus
diperbaiki.
Saya menyambut gembira
dan penuh harap berkenaan dengan dibakukannya kurikulum ini untuk masa 5 tahun
dan ditinjau ulang, sehingga ke-istiqomahan di dalam proses dirosah
dapat diwujudkan. Namun, di dalam aplikasinya, kiranya amat penting untuk tetap
dipertahankan dan diintegrasikan; tradisi, kearifan dan kekayaan kepesantrenan
terutama keihlasan asatidz di dalam mengajar dan ketawadlu’an santri
di dalam menerima bimbingan. Dengan pertolongan Allah dan berpegang teguh pada al-muhafadzah
‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah semoga dapat
dicapai target dirosah yang dicanangkan, Amin.
Terakhir kalinya saya hanya bisa berharap, semua
asatidz pengampu mata dirosah bisa menggunakan silabus yang telah kita sepakati
dan lebih dari itu bisa menyempurnakan kekurangan-kekurangan di dalamnya. Kita
berharap pada tahun-tahun akan datang shlabus ini menjadi lebih sempurna dan
kita bisa mengevaluasi proses belajar mengajar santri dengan baik dan
universal.
Demikian, dengan selalu mengharap ridlo Allah
semoga Pesma Al-Hikam dengan silabus yang baru, dapat leningkatkan mutu
pendidikan dan pengajarannya, sehingga tiga motto (amaliah agama, prestasi
ilmiah, dan kesiapan hidup) kita bisa tercapai dengan baik, Amin
Malang, 12 Nopember 2006
Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Hikam
Drs. H. Muhammad Nafi’
Latar Belakang
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam
Malang
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang didirikan pada tanggal 17 Ramadhan
1413H/21 Maret 1992 M di bawah Yayasan Al-Hikam yang dipimpin oleh Bapak KH. A.
Hasyim Muzadi dengan akte notaris No. 47/1989.
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam adalah lembaga pendidikan Islam yang
berikhtiar untuk menggabungkan dimensi posistif perguruan tinggi dan pesantren
yang mempunyai kepentingan yang harus dicapai bersama-sama, yaitu mewujudkan
generasi yang mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta
memiliki kepribadian dan moralitas yang baik.
Usaha pengembangan potensi
intelektualitas mahasiswa (sebagai kader umat dan aset bangsa) dan menanamkan
kepribadian (moralitas) beragama. Keduanya harus dilakukan secara
berkesinambungan dan simultan, sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi akan
memperoleh signifikasi metafisik dan spiritual dari ajaran agama, sebaliknya
ajaran agama akan mendapatkan signifikasi dan justifikasi secara objektif dalam
alur disiplin ilmiah.
Visi, Misi, Tujuan
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam
Malang
VISI
Mewujudkan pesantren mahasiswa Al-Hikam sebagai masyarakat belajar untuk
mengembangkan potensi fitrah insaniah yang mengintegrasikan etika agama,
etika ilmiah dan etika sosial
MISI
Menjadikan
pesantren mahasiswa sebagai:
1. pusat penempaan moral agama;
2. pusat penumbuhan budaya ilmiah;
3. pusat pembekalan kecakapan hidup [life skill] dan tanggung jawab
sosial.
TUJUAN
Pertama (Amaliah Agama)
Menghasilkan alumni yang berkarakter religius
KOMPETENSI
Santri memiliki:
- kemantapan akidah ahli sunnah wal jama’ah;
- pemahaman dan pengamalan Syari’ah Islam;
- kesadaran berakhlak mulia.
Kedua (Prestasi Ilmiah)
Menghasilkan alumni yang berilmu pengetahuan luas dan bijaksana
KOMPETENSI
Santri memiliki:
- kecakapan berpikir (thinking skill) yang mampu mencari, menemukan, mengolah dan memecahkan masalah;
- kemampuan untuk belajar secara mandiri;
- merelevansikan ilmu pengetahuan dengan keyakinan agama melalui pendekatan mutlidisipliner.
Ketiga (Kesiapan
Hidup)
Menghasilkan
alumni yang mempunyai kecakapan menghadapi, memecahkan dan mengelola
problematika kehidupan
KOMPETENSI
Santri memiliki:
1. kecakapan keterampilan kejuruan;
2. kecakapan komunikasi dalam berinteraksi dengan
berbagai media (lisan, tulisan dan kesan);
3. kecakapan bekerjasama dalam mengidentifikasi dan
mencapai tujuan;
4. kepekaan sosial dan mampu memberikan respon yang
proporsional kepada masyarakat;
5. kecakapan memanfaatkan teknologi dan informasi;
6. kecakapan mengelola sumber daya;
7. kecakapan menggunakan sistem dengan membangun
keberadaan suatu hal menurut kriteria sistem (kecakapan berorganisasi);
8. kecakapan berwirausaha;
9. kecakapan memilih, menyiapkan dan mengembangkan
karir;
10. kecakapan menjaga harmoni dengan lingkungan.
Motto & Jiwa
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam
Malang
Motto
Amaliah Agama
Prestasi Ilmiah
Kesiapan Hidup
Jiwa
Ikhlas dalam beramal
Jujur dalam bersikap
Sederhana dalam hidup
Santun dalam bergaul
Mandiri dalam berusaha
Berjuang bersama-sama
Matrik Sebaran Kurikulum
Dirosah Al-HIkam
No
|
Materi
|
Kelas & Semester
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Ekstensi
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
Pengajaran di Kelas
|
|||||||||||
1
|
Aswaja
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Fiqih Ibadah
|
1
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Muhadatsah (B. Arab)
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Baca Tulis Al-Qur’an (Al-Qur’an)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Amtsilati
|
3
|
3
|
2
|
1
|
1
|
2
|
|
|
|
|
6
|
Tarikh Tasyri’
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Bahasa Inggris
|
|
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
8
|
Mustholah Tafsir
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Kaidah Fiqih
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Mustholah Hadits
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Ushul Fiqih
|
|
|
|
1
|
2
|
|
|
|
|
|
12
|
Ekonomi Islam
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
13
|
Fiqih Mu’amalah
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
14
|
Bimbingan Baca Kitab
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2
|
2
|
|
|
15
|
Manajemen Komunikasi
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
16
|
Masailul Fiqih
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
17
|
Sejarah Kebudayaan & Pemikiran Islam
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
18
|
Fiqih Munakahat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
19
|
Pembekalan Pengabdian Masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
|
|
20
|
Tafsir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
21
|
Hadits
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
22
|
Fiqih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
23
|
Kifayatul Adkiya'
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
24
|
Pendampingan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
Pengajian/Pengajaran di
Masjid
|
|||||||||||
25
|
Al-Mursyidul Amin
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
26
|
Riyadhussholihin
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
27
|
Nashoihul Ibad
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
28
|
Tafsir
|
|
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
Jumlah pertemuan perminggu
|
12
|
12
|
12
|
12
|
12
|
11
|
10
|
8
|
9
|
9
|
Daftar Isi
HALAMAN DEPAN .................................................................................... i
KATA PENGANTAR ................................................................................... ii
SAMBUTAN KEPALA PESANTREN ................................................................ iii
LATAR BELAKANG PESANTREN ................................................................... iv
VISI, MISI, TUJUAN, DAN
KOMPETENSI ...................................................... v
MOTTO & JIWA
PESANTREN ..................................................................... vi
MATRIK SEBARAN MATERI ........................................................................ vii
SEBARAN MATERI
PERSEMESTER ................................................................ viii
SILABUS PESANTREN
PERMATERI:
Muhadatsah ....................................................................................... 1
Amtsilati ........................................................................................... 13
Baca Tulis
Al-Qur’an ............................................................................ 39
Baca Kitab ........................................................................................ 46
Aswaja ............................................................................................. 48
Fiqih Ibadah ...................................................................................... 52
Tarikh Tasyri’ ..................................................................................... 61
Mustholah Tafsir ................................................................................. 63
Mustholah Hadits ................................................................................ 68
Kaidah Fiqih ....................................................................................... 71
Ushul Fiqih ........................................................................................ 75
Masail Fiqih ....................................................................................... 79
Ekonomi Islam ................................................................................... 83
Fiqih Mu’amalah ................................................................................. 90
Fiqih Munakahat ................................................................................. 99
Manajemen Komunikasi ....................................................................... 103
Sejarah Kebudayaan & Pemikiran Islam .................................................. 107
Bahasa Inggris ................................................................................... 110
Al-Mursyidul Amin ............................................................................... 120
Riyadhussholihin ................................................................................. 120
Nashoihul Ibad ................................................................................... 121
Tafsir
............................................................................................... 121
Lampiran
No comments:
Post a Comment