Saturday, May 5, 2012

(SPAM) Silabus Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang 2006



Silabus
Pesantren Mahasiswa
Al-Hikam
Malang
2006

Jl. Cengger Ayam No. 25 Malang
Telp. 0341-495375 Fax. 0341-475387
 



Editor
M. Nurcholiq

Penyusun
Drs. H. Muhammad Nafi’
Drs. H. Anwar Sa’dullah
Drs. H. Muzamil Zaini
H. Abdul Hadi, Lc.
H. Nur Kholis, S.Sos.
Ahmad Munjinasih, M.Ag.
Hilman Wajdi, S.Pd.
M. Nadhief, S.S.
Ali Mukti, S.Pd.
Ahmad Jani Mashudi, M.P.
Handoko Ja’far, S.S.
H. Zaenu Zuhdi, M.HI.
H. Yusuf Agung Subekti, Lc.
H. Misbahul Munir, M.EI.
Mutamakin, M.A.
Daru Kurniawan, S.AP.
M. Abdu, S.Pd.
Nur Asyik H, S.T.
M. Nurcholiq

Kata Pengantar
 



Al-Hamdulillah puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan karunia kenikmatan yang tak terhingga utamanya nikmat iman, islam, dan kesehatan. Sholawat dan salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw beserta para keluarga, sahabat, dan ulama pewarisnya, Amin.
Sejalan dengan perjalanan dan perkembangan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yang sudah berusia ± 15 tahun (yang didirikan pada tanggal 17 Ramadhan 1413 H/ 21 Maret 1992 M), tentu sudah banyak keberhasilan yang patut disyukuri termasuk juga yang harus dievaluasi utamanya yang berkenaan dengan upaya peningkatan mutu pembelajaran dan kualitas hasil pendidikan atau kurikulum pesantren.
Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran, menentukan proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Kiranya bukanlah sesuatu yang berlebihan jika dikatakan bahwa proses pendidikan dikendalikan, diatur, dan dinilai berdasarkan kriteria yang ada dalam kurikulum.
Untuk itu bagian Dirosah berinisiatif melakukan review kurikulum yang representatif untuk pengembangan keilmuan dan dunia kerja serta dapat merencanakan kualitas proses pendidikan dan pembelajaran, kualitas bahan/konten pendidikan, kualitas hasil belajar sesuai dengan motto pesantren yaitu; Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah, dan Kesiapan Hidup serta diharapkan dapat mengembangkan potensi santri menjadi kualitas pribadi yang maksimal.
Dan setelah melalui proses diskusi yang cukup panjang, selama 6 bulan, Al-Hamdulillah review kurikulum ini dapat dirampungkan dengan baik. Oleh karena itu saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para asatidz yang tergabung di dalam tim review kurikulum yang telah mencurahkan waktu, perhatian, dan pemikirannya, utamanya Ust. H. Muhammad Nafi’ sebagai ketua tim dan Ust. M. Nurcholiq sebagai sekretaris. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal jariah ‘ilm yuntafa’ bih,  dan semoga santri kita menjadi orang yang shaleh ‘inda al-syari’ah dan shaleh ‘inda al-zaman. Amin Ya Robbal ‘Alamin.
Kurikulum ini akan ditinjau ulang setidaknya pada kurun 5 tahunan dengan tidak menutup kemungkinan adanya evaluasi setiap semester untuk tujuan penyelarasan, penyesuaian di tingkat aplikasi pengajaran tanpa merubah esensi dan target yang telah dicanangkan.
Saya sangat berterima kasih kepada para pembaca, pendidik dan pemerhati pesantren yang selalu saya tunggu saran dan kritiknya yang konstruktif demi terwujudnya silabus yang lebih baik di waktu yang akan datang.
Terakhir, sebagai Kepala Dirosah Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, saya sangat berharap kiranya para asatidz dapat mengaplikasikannya dengan baik dan dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan di dalamnya.
Semoga Allah swt meridhoi dan memberkati apa yang telah kita ihtiyarkan, Amin Ya Robbal ‘Alamin.



Malang, 12 Nopember 2006
Kepala Dirosah Pesantren Mahasiswa Al-Hikam



Drs. H. Muzamil Zaini

Sambutan Kepala Pesantren
 



بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله. ولا حول ولا قوة إلا بالله. أما بعد؛
Perjalanan Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al-Hikam sudah panjang. Banyak hal yang perlu disyukuri termasuk juga yang harus dievaluasi. Dengan berjalannya waktu, Pesma Al-Hikam telah berkembang, fasilitas yang semakin lengkap, dan perhatian masyarakat yang semakin besar. Hal ini tentunya harus mampu dijawab dengan baik oleh pesma Al-Hikam.

Kepercayaan yang besar dari masyarakat ini tentunya menuntut kepada Pesma untuk selalu berbenah dan meningkatkan kinerja program pendidikan dan pembinaan sumberdaya manusia. Dari serangkaian proses evaluasi yang dilakukan baik oleh tim kerja Pesma Al-Hikam maupun hasil penyerapan aspirasi dari perwakilan santri ternyata sangat banyak hal yang harus diperbaiki.

Saya menyambut gembira dan penuh harap berkenaan dengan dibakukannya kurikulum ini untuk masa 5 tahun dan ditinjau ulang, sehingga ke-istiqomahan di dalam proses dirosah dapat diwujudkan. Namun, di dalam aplikasinya, kiranya amat penting untuk tetap dipertahankan dan diintegrasikan; tradisi, kearifan dan kekayaan kepesantrenan terutama keihlasan asatidz di dalam mengajar dan ketawadlu’an santri di dalam menerima bimbingan. Dengan pertolongan Allah dan berpegang teguh pada al-muhafadzah ‘ala al-qadim al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah semoga dapat dicapai target dirosah yang dicanangkan, Amin.
Terakhir kalinya saya hanya bisa berharap, semua asatidz pengampu mata dirosah bisa menggunakan silabus yang telah kita sepakati dan lebih dari itu bisa menyempurnakan kekurangan-kekurangan di dalamnya. Kita berharap pada tahun-tahun akan datang shlabus ini menjadi lebih sempurna dan kita bisa mengevaluasi proses belajar mengajar santri dengan baik dan universal.

Demikian, dengan selalu mengharap ridlo Allah semoga Pesma Al-Hikam dengan silabus yang baru, dapat leningkatkan mutu pendidikan dan pengajarannya, sehingga tiga motto (amaliah agama, prestasi ilmiah, dan kesiapan hidup) kita bisa tercapai dengan baik, Amin


Malang, 12 Nopember 2006
Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Hikam



Drs. H. Muhammad Nafi’



Latar Belakang
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang
 



Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang didirikan pada tanggal 17 Ramadhan 1413H/21 Maret 1992 M di bawah Yayasan Al-Hikam yang dipimpin oleh Bapak KH. A. Hasyim Muzadi dengan akte notaris No. 47/1989.

Pesantren Mahasiswa Al-Hikam adalah lembaga pendidikan Islam yang berikhtiar untuk menggabungkan dimensi posistif perguruan tinggi dan pesantren yang mempunyai kepentingan yang harus dicapai bersama-sama, yaitu mewujudkan generasi yang mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki kepribadian dan moralitas yang baik.

 Usaha pengembangan potensi intelektualitas mahasiswa (sebagai kader umat dan aset bangsa) dan menanamkan kepribadian (moralitas) beragama. Keduanya harus dilakukan secara berkesinambungan dan simultan, sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi akan memperoleh signifikasi metafisik dan spiritual dari ajaran agama, sebaliknya ajaran agama akan mendapatkan signifikasi dan justifikasi secara objektif dalam alur disiplin ilmiah.

Visi, Misi, Tujuan
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang
 



VISI
Mewujudkan pesantren mahasiswa Al-Hikam sebagai masyarakat belajar untuk mengembangkan potensi fitrah insaniah yang mengintegrasikan etika agama, etika ilmiah dan etika sosial

MISI
Menjadikan pesantren mahasiswa sebagai:
1.    pusat penempaan moral agama;
2.    pusat penumbuhan budaya ilmiah;
3.    pusat pembekalan kecakapan hidup [life skill] dan tanggung jawab sosial.

TUJUAN
Pertama (Amaliah Agama)
Menghasilkan alumni yang berkarakter religius

KOMPETENSI
Santri memiliki:
  1. kemantapan akidah ahli sunnah wal jama’ah;
  2. pemahaman dan pengamalan Syari’ah Islam;
  3. kesadaran berakhlak mulia.

Kedua (Prestasi Ilmiah)
Menghasilkan alumni yang berilmu pengetahuan luas dan bijaksana

KOMPETENSI
Santri memiliki:
  1. kecakapan berpikir (thinking skill) yang mampu mencari, menemukan, mengolah dan memecahkan masalah;
  2. kemampuan untuk belajar secara mandiri;
  3. merelevansikan ilmu pengetahuan dengan keyakinan agama melalui pendekatan mutlidisipliner.

Ketiga (Kesiapan Hidup)
Menghasilkan alumni yang mempunyai kecakapan menghadapi, memecahkan dan mengelola problematika kehidupan

KOMPETENSI
Santri memiliki:
1.    kecakapan keterampilan kejuruan;
2.    kecakapan komunikasi dalam berinteraksi dengan berbagai media (lisan, tulisan dan kesan);
3.    kecakapan bekerjasama dalam mengidentifikasi dan mencapai tujuan;
4.    kepekaan sosial dan mampu memberikan respon yang proporsional kepada masyarakat;
5.    kecakapan memanfaatkan teknologi dan informasi;
6.    kecakapan mengelola sumber daya;
7.    kecakapan menggunakan sistem dengan membangun keberadaan suatu hal menurut kriteria sistem (kecakapan berorganisasi);
8.    kecakapan berwirausaha;
9.    kecakapan memilih, menyiapkan dan mengembangkan karir;
10. kecakapan menjaga harmoni dengan lingkungan.

Motto & Jiwa
Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang
 



Motto
Amaliah Agama
Prestasi Ilmiah
Kesiapan Hidup



Jiwa
Ikhlas dalam beramal
Jujur dalam bersikap
Sederhana dalam hidup
Santun dalam bergaul
Mandiri dalam berusaha
Berjuang bersama-sama

Matrik Sebaran Kurikulum Dirosah Al-HIkam
 




No
Materi
Kelas & Semester
1
2
3
4
Ekstensi
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Pengajaran di Kelas
1
Aswaja
1









2
Fiqih Ibadah
1
1








3
Muhadatsah (B. Arab)
3
3








4
Baca Tulis Al-Qur’an (Al-Qur’an)
2
2
2
2






5
Amtsilati
3
3
2
1
1
2




6
Tarikh Tasyri’

1








7
Bahasa Inggris


2
2
2
2




8
Mustholah Tafsir


1







9
Kaidah Fiqih


1
1






10
Mustholah Hadits



1






11
Ushul Fiqih



1
2





12
Ekonomi Islam





2




13
Fiqih Mu’amalah




2





14
Bimbingan Baca Kitab




1
1
2
2


15
Manajemen Komunikasi






1



16
Masailul Fiqih






1
1


17
Sejarah Kebudayaan & Pemikiran Islam






1
1


18
Fiqih Munakahat






1



19
Pembekalan Pengabdian Masyarakat






1
1


20
Tafsir








1
1
21
Hadits








1
1
22
Fiqih








1
1
23
Kifayatul Adkiya'








1
1
24
Pendampingan








1
1
Pengajian/Pengajaran di Masjid
25
Al-Mursyidul Amin
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
26
Riyadhussholihin
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
27
Nashoihul Ibad


1
1
1
1
1
1
1
1
28
Tafsir


1
1
1
1
1
1
1
1

Jumlah pertemuan perminggu
12
12
12
12
12
11
10
8
9
9

Daftar Isi
 



HALAMAN DEPAN .................................................................................... i
KATA PENGANTAR ................................................................................... ii
SAMBUTAN KEPALA PESANTREN ................................................................ iii
LATAR BELAKANG PESANTREN ................................................................... iv
VISI, MISI, TUJUAN, DAN KOMPETENSI ...................................................... v
MOTTO & JIWA PESANTREN ..................................................................... vi
MATRIK SEBARAN MATERI ........................................................................ vii
SEBARAN MATERI PERSEMESTER ................................................................ viii

SILABUS PESANTREN PERMATERI:
Muhadatsah ....................................................................................... 1
Amtsilati ........................................................................................... 13
Baca Tulis Al-Qur’an ............................................................................ 39
Baca Kitab ........................................................................................ 46
Aswaja ............................................................................................. 48
Fiqih Ibadah ...................................................................................... 52
Tarikh Tasyri’ ..................................................................................... 61
Mustholah Tafsir ................................................................................. 63
Mustholah Hadits ................................................................................ 68
Kaidah Fiqih ....................................................................................... 71
Ushul Fiqih ........................................................................................ 75
Masail Fiqih ....................................................................................... 79
Ekonomi Islam ................................................................................... 83
Fiqih Mu’amalah ................................................................................. 90
Fiqih Munakahat ................................................................................. 99
Manajemen Komunikasi ....................................................................... 103
Sejarah Kebudayaan & Pemikiran Islam .................................................. 107
Bahasa Inggris ................................................................................... 110
Al-Mursyidul Amin ............................................................................... 120
Riyadhussholihin ................................................................................. 120
Nashoihul Ibad ................................................................................... 121
Tafsir ............................................................................................... 121
Lampiran

         


No comments:

Post a Comment